Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 16 Jun 2022 12:30 WIB ·

Lakukan 3 Hal Ini Untuk Persiapan Magang Kampus Merdeka


Img: edukasi.kompas.com Perbesar

Img: edukasi.kompas.com

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memiliki beberapa program yang begitu mahasiswa incar. Tidak hanya dengan program Kampus Mengajar, MBKM juga memiliki program lain yang begitu ditunggu oleh para mahasiswa. program tersebut adalah magang kampus merdeka. Sembari menunggu pendaftaran program magang kampus merdeka ini akan lebih baik jika kita melakukan persiapan-persiapan yang nantinya akan membantu meloloskan diri kita dalam proses seleksi. Nah, kira-kira apa aja ya persiapan yang perlu kita lakukan agar kita dapat lolos seleksi program magang kampus merdeka? Yuk, simak 3 hal untuk persiapan magang kampus merdeka berikut.

 

1. Siapkan CV ATS friendly

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah CV, khususnya CV ATS friendly. Dengan CV ATS friendly, perusahaan dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah kamu merupakan kandidat yang perusahaan butuhkan atau tidak. Karena itulah, penting untuk mencantumkan keyword yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Pastikan kamu sudah mengerti hal apa saja yang boleh dan tidak boleh kita cantumkan dalam CV. 

 

2. Riset perusahaan yang akan kamu tuju

Sebelum benar-benar mendaftarkan diri sebagai salah satu peserta magang di sebuah perusahaan yang ada dalam program magang kampus merdeka, hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset. Riset tersebut dapat kamu lakukan untuk lebih mengenal seperti apa budaya yang ada di perusahaan yang hendak kamu lamar. Selain itu, riset perusahaan juga dapat membantu kamu untuk mengetahui bagaimana sistem kerja yang ada di perusahaan tersebut. Setelah mendapatkan hasil riset kamu akan lebih yakin untuk mempertimbangkan perusahaan mana yang bisa kamu daftar agar selain mendapatkan pengalaman magang, kamu juga mendapatkan pengalaman kerja profesional yang baik. 

 

3. Latihan interview

Hal berikutnya yang dapat kamu persiapkan menjelang pendaftaran magang Kampus Merdeka adalah melakukan latihan interview. Seperti yang kita ketahui, sesi interview biasanya terbagi menjadi dua, yaitu interview HR dan interview User. Latihan interview di sini berarti kamu harus mempelajari keduanya, baik itu interview HR maupun interview user. Latihan interview ini sangat penting untuk membantu kamu nantinya pada sesi interview yang akan dilakukan dalam proses seleksi. Selain melatih public speaking, kamu juga dapat melakukan riset mengenai pertanyaan-pertanyaan yang biasa dilontarkan saat sesi interview oleh HRD maupun user.

 

Nah, itulah 3 hal untuk mempersiapkan magang kampus merdeka. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 45 kali

Baca Lainnya

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Tinjauan Pustaka

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp

Jenis Makanan Yang Bisa Menambah Daya Ingat

19 Februari 2024 - 16:05 WIB

Jenis Makanan

Atasi Rasa Malas Belajar Dengan Mengikuti 3 Tips Ini, Yuk Simak!

17 Februari 2024 - 21:33 WIB

Tinjauan Pustaka

Menjadi Moderator Presentasi, Berikut Tips Yang Perlu Diperhatikan

17 Februari 2024 - 20:59 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi