Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 8 Mei 2023 18:00 WIB ·

Daftar Makanan Kaya Zat Besi, Cocok Untuk Penderita Anemia


Img: pexels-elaine-bernadine Perbesar

Img: pexels-elaine-bernadine

Daftar Makanan Kaya Zat Besi, Cocok Untuk Penderita Anemia–Kurangnya sel darah merah dipicu oleh kurang mengkonsumsi makanan zat besi. Kondisi seseorang yang kekurangan zat besi biasa disebut anemia. Gangguan ini bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan pucat. Saat terkena anemia, tubuh tidak lagi dapat memproduksi hemoglobin dalam kadar yang cukup. Hemoglobin sendiri adalah protein dalam sel darah merah. Fungsinya membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Jika kamu ingin menstabilkan kadar sel darah merah, sebaiknya konsumsi makanan kaya zat besi. Beberapa makanan tinggi zat besi antara lain: jeroan, daging merah, kurma, seafood, sereal, buah delima, dan akar bit.

Daftar Makanan Kaya Zat Besi, Cocok Untuk Penderita Anemia

Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang cocok untuk penderita anemia. Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Daging merah dan daging unggas

Makanan hewani yang termasuk daging-dagingan, seperti daging kambing, daging sapi, dan daging unggas terdapat 2,7 miligram zat besi yang terkandung di dalam setiap 100 gram daging merah. Jumlah ini telah memenuhi 15 persen asupan harian yang butuh butuhkan setiap harinya. Sementara dalam 100 gram daging unggas seperti daging ayam, telah mencukupi kurang lebih 13 persen jumlah asupan harian. Mulai dari ayam hingga bebek juga dapat menjadi asupan penambah darah.

Jeroan

Apakah kamu pecinta jeroan? Siapa sangka ternyata organ dalam hewan, seperti jantung, hati, hingga otak mengandung zat besi yang melimpah. Bahkan, setiap 100 gram hati sapi memiliki 6,5 miligram zat besi. Angka ini telah memenuhi 36 persen asupan tubuh. Sedangkan, 100 gram hati ayam mengandung sekitar 15,6 miligram zat besi.

Kacang-kacangan

Meskipun memiliki rasa yang gurih, ternyata kacang-kacangan juga termasuk makanan yang bisa menambah darah, lho. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat menambah darah adalah kacang polong, buncis, kedelai, dan lentil. Dalam satu cangkir 198 gram kacang-kacangan tersebut mengandung zat besi sebanyak 6.6 miligram.

Semangka

Banyak orang mengatakan semangka adalah buah yang tidak sehat karena mengandung pestisida, apakah kamu percaya kabar tersebut? Faktanya, semangka merupakan salah satu buah yang bisa meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Dalam semangka terdapat vitamin C yang dapat berperan pada penyerapan zat besi secara maksimal.

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan