Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 21 Apr 2023 12:00 WIB ·

Dampak Buruk Minum Teh Secara Berlebihan


Img: pexels-кристина-александрова Perbesar

Img: pexels-кристина-александрова

Dampak Buruk Minum Teh Secara Berlebihan –Teh merupakan salah satu jenis minuman yang kita sukai karena rasanya yang lezat sekaligus menyehatkan tubuh. Teh tersedia hampir di seluruh warung, tempat makan, restoran, maupun tempat wisata yang ada di Indonesia. Meski lezat, teh juga dapat memberi dampak buruk bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya perhatikan untuk mengkonsumsi teh dalam batas wajar untuk merasakan khasiatnya. Berikut adalah dampak buruk mengkonsumsi teh secara berlebihan:

Dampak Buruk Minum Teh Secara Berlebihan

Gerd atau Asam Lambung

Gerd atau asam lambung memiliki gejala rasa perih di area dada seperti terbakar karena isi lambung naik hingga kerongkongan. Kondisi ini bisa terjadi karena minum teh berlebihan. Kandungan kafein dalam teh dapat menyebabkan asam lambung meningkat dan isi lambung naik ke kerongkongan. Kafein juga dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung.

Kesulitan tidur

Senyawa kafein dalam teh dapat menganggu kualitas tidur. Hal ini karena kafein menghambat produksi hormon yang berperan membantu untuk bisa tidur atau melatonin. Jika sudah seperti ini, dampak buruk lain akan mengikuti seperti kelelahan, gangguan memori, hingga obesitas.

Mual

Dampak buruk konsumsi teh berlebihan yang sering terjadi adalah mual. Tanin yang terkandung dalam teh mengganggu proses penyerapan zat besi juga mengakibatkan iritasi organ pencernaan.

Jika jumlahnya sudah berlebihan, maka bisa memicu mual atau sakit perut. Untuk mengurangi rasa sakit saat minum teh, kamu bisa mencampurkannya dengan susu. Sebab tanin dapat berikatan dengan protein dan karbohidrat dan mampu mengurangi iritasi pada pencernaan. dalam tubuh berlebihan, maka dapat memicu sakit perut dan mual.

Kecemasan dan Stres

Mirip dengan kopi, teh juga memiliki kafein. Kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan dapat menyebabkan timbulnya kecemasan, kegelisahan, bahkan stres. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kadar kafein yang masuk ke tubuh tidak lebuh dari 200 miligram per hari untuk menutup risiko terjadinya dampak buruk akibat minum teh berlebihan.

Sakit Kepala

Dampak buruk minum teh berikutnya yaitu sakit kepala. Kondisi ini sering terjadi pada banyak orang walaupun tidak selalu disebabkan oleh konsumsi teh. Akan tetapi, jika kamu merasakan sakit kepala setelah minum segelas atau dua gelas teh, maka lebih baik hindari minuman ini, ya!

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan