Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 1 Mar 2023 13:00 WIB ·

Depresi? Penyebabnya apa aja sih?


Pinterest: @meandunotmeandme Perbesar

Pinterest: @meandunotmeandme

Penyebab Depresi – Depresi dapat kalian rasakan yang mana mungkin kalian tidak menyadarinya. Depresi juga dapat dialami oleh siapa pun dan usia berapa pun mereka. Rasa cemas berlebihan dan perasaan sedih secara bersamaan sering muncul pada kesehatan mental kalian. Depresi bisa ringan, sementara, atau bahkan berat yang mungkin akan mengakibatkan berkepanjangan. Jika seseorang yang sudah mengalami depresi berat, kecemasan, kesedihan dan ketakutan mereka sangat tinggi. Yang kadang mengakibatkan seseorang bertindak bunuh diri karena suatu masalah pada hidupnya.

Akan tetapi beberapa orang juga dapat mengalami hanya sekali dalam hidup meraka. Ada juga yang mengalami depresi berkali-kali dalam hidup mereka. Dengan itu mencegah adanya depresi sangat seseorang perlukan. Cara untuk mencegak suatu depresi dengan cara menenangkan dengan dukungan kepada mereka dengan tulus dan tepat. Seseorang yang depresi perlu kita perhatikan dan alngkah baiknya kita perhatian dengan mereka. Dan juga tidak lupa dengan menjaga diri sendiri agar tidak ikut depresi juga.

Apakah kalian tau apa sih gejala atau tanda-tanda seseorang depresi?

Biasanya gejala setiap masing-masing manusia berbeda. Dapat disebabkan oleh gejala fisik, dari tubuh merasa lelah dan tidak mempunyai energi walaupun sudah beristirahat. Selain itu seseorang memiliki rasa gelisa dan mengakibatkan kesulitan malkukan aktivitas setiap harinya. Dan tanpa kalian sadari perubahan pola tidur dan selera makan merupakan gejala fisik depresi.

Selain gejela fisik, seseorang yang depresi jga memiliki gejala mental dan emosional. Dengan memiliki rasa sedih, cemas dan meyakini bahwa mereka tidak berharga dan tidak punya harapan lagi. Selain itu mereka menyukai kesepian dan juga suka mengambil indakan yang mungkin akan beresiko tinggi. Pada artikel ini tim mediaedukasi.id akan membahas penyebab depresi ada pa aja sih? Simak sebagai berikut.

Penyebab-Penyebab Depresi

  1. Pengalaman Pribadi

Penyebab terjadinya depresi yang pertama yaitu pengalaman pribadi. Yang mana seseorang mempunyai trauma dari masa lalu yang telah ia alami secara pribadi. Pengalaman yang buruk seperti kejadian suatu peristiwa kematian orang yang tercinta, perceraian orangtua, atau trauma lainnya. dengan adanya trauma dari masa lalu yang akan terbawa seumur hidup bagi seseorang yang merasakan, akan memicu timbulnya suatu gejala depresi. Penyebab satu ini sering kali seseorang alami, karena relatr dengan kehidupan mereka.

Misal masa lalu seseorang pernah mengalami konflik pada keluarganya. Dengan adanya konflik suau keluarga akan menimbulkan suatu tekanan dari tubuh seseorang. Ketika seseorang terpukul, akan membuat tubuh serta pikiran tidak dapat berjalan dan beradaptasi dengan tekanan tersebut, itu juga dapat menimbulkan suatu depresi yang sangat berat karena permasalahan tersebut.

  1. Riwayat Keluarga

Penyebab yang kedua yaitu riwayat keluarga. Jika seseorang memiliki kelurga atau saudara yang memiliki riwayat stres atau depresi mereka akan menurunkan genetik pada keturunanya.

Aakan tetapi penyebab satu ini dapat kalian cegah dengan memiliki gaya hidup atau pola hidup yang sehat. Dengan makan dan hidup sehat akan meminimalisir suatu penyebab depresi

  1. Negatif Thinking

Penyebab yang ketiga yaitu negatif thinking. Sering kali beberapa orang menghadapi permasalahan dengan pikiran mereka sendiri. Mereka menganggap suatu kejadian dalam hidup memberikan beban yang sangat berat. Dengan rasa cemas dan pikiran negatif akan sesuatu kejadian yang jelek akan terulang kembali. Negatif thinking merupakan suatu bibit negative yang mempengaruhi pikiran. Yang mana akan menimbulkan suatu perasaan depresi.

  1. Kecanduan obat-obatan

Penyebab yang keempat yaitu kecanduan obat-obat. Seseorang yang sedang sakit dan harus wajib meminum obat setiap hari dan menjalankan perawatan yang serius akan mengakibatkan stress dan depresi. Setelah itu resiko dari suatu penyakit tersebut akan bertambah kronis dan akan berlangsung lama. Yang mana karena adanya rasa sakit yang membuat seseorang stress akan mengakibatkan penyakit yang kronis. Antara lain diabetes, kanker, penyakit jantung dan lain sebagainya.Dengan itu seseorang yang mengalami gejala tersebut perlunya suatu dukungan san semangat agar dapat menurunkan suatu resiko depresi.

  1. Wanita setelah melahirkan

Penyebab yang kelima yaitu seseorang setelah melahirkan. Setelah melahirkan beberapa orang rentan mengalami stress atau depresi. Mulai dari perubahan horman dan fisik menjadi ibu dapat menimbulkan depresi. Tidak heran jika mama muda sekarang ada yang mengalami hal tersebut. Dengan sebab ang bermacam-macam, seperti anaknya tidak mau minum asi, anaknya susah tidur dan lain sebagainya. Dengan itu kalian dapt menyebutnya baby blues, dengan adanya penyebab tersebut seseorang akan sulit untuk tidur tenang dan kondisi suasana hati tidak baik. Akan tetapi kalian dapat mencegahnya dengan sebelum hamil atau saat hamil kalian dapat mempelajari untuk bagaimana menjadi ibu yang baik. Selain itu perlunya dukungan suami dan keluarga.

Dengan penyebab depresi ini, alangkah baiknya kita dapat mencegah dengan pola hidup yang sehat dan berada pada lingkungan yang baik juga.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan