Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 24 Apr 2022 11:31 WIB ·

Belajar Disiplin ala Orang Jepang


instagram/@
senryokuglobal Perbesar

instagram/@ senryokuglobal

Pernah ga sih kamu ngerasa males banget buat ngelakuin sesuatu? Pernah ga sih kamu nunda-nunda pekerjaan karena males banget? Atau, pernah ga sih kamu janjian sama temen kamu tapi akhirnya temen kamu molor sampe berjam-jam? Hal seperti ini sepertinya sudah menjadi hal yang lazim di kalangan kita. Tapi, hal seperti ini bisa jadi penghambat kamu buat mencapai kesuksesan loh! Mungkin sebagian besar dari kita sudah sadar kalau rasa malah bisa menjadi penghambat kita dalam meraih kesuksesan, tapi tidak banyak dari kita yang berhasil mengalahkan rasa malas. Lalu, adakah cara yang dapat membantu mengurangi rasa malas tersebut? Yuk kita sedikit mengintip budaya disiplin di Jepang!

Jepang bisa dikatakan negara yang terkenal akan kedisiplinannya dan tepat waktu. Di Jepang, kamu gabakal ketemu tuh sama orang yang hobi ngaret pas diajak ketemuan. Apa sih resep dari disiplin orang Jepang? Jadi, dalam masyarakat Jepang, terdapat sebuah teknik untuk menghilangkan rasa malas yang bernama teknik Kaizen.

Apa Itu Kaizen?

Kata kaizen sendiri berasal dari dua kata, yakni “kai” yang berarti perubahan, dan “zen” yang berarti kebaikan. Jadi, kaizen dapat diartikan sebagai perubahan kearah kebaikan. Teknik ini merupakan salah satu hal yang berperan dalam pembentukan mental orang Jepang yang disiplin. Teknik kaizen mengarahkan untuk menjadikan suatu kegiatan sebagai rutinitas. Maksudnya? Jadi, dalam teknik kaizen, kamu akan mengulang suatu kegiatan secara rutin setiap harinya. Teknik kaizen ini disebut juga sebagai teknik satu menit. Hal ini karena dalam melakukan teknik kaizen, kamu hanya perlu berkomitmen untuk melakukan suatu hal satu menit setiap harinya di jam yang sama. Misalkan kamu ingin belajar SBMPTN. Belajarlah selama satu menit di jam yang sama di setiap harinya. Lakukan hal itu terus menerus hingga menjadi sebuah kebiasaan. Inilah teknik kaizen. Kamu tidak perlu terburu-buru dalam meningkatkan durasinya. Yang terpenting dalam teknik ini adalah kamu harus disiplin dalam melakukannya setiap hari hingga menjadi sebuah kebiasaan. Teknik ini terbilang cukup mudah, karena kamu hanya perlu meluangkan satu menit setiap harinya. Hal ini dilakukan oleh orang-orang di Jepang untuk keluar dari rasa malas. Orang Jepang melakukan berbagai hal produktif sebagai rutinitas mereka. Karena sudah menjadi kebiasaan, maka untuk melakukannya bukanlah suatu hal yang sulit.

Teknik kaizen ini bisa diterapkan di berbagai hal kehidupan karena fleksibilitasnya. Dalam kuliah, olahraga, belajar, nugas, dan sebagainya. Mungkin ini akan membantumu dalam mengurangi rasa malas ketika mengerjakan skripsi, hehehe. Mungkin kemudia akan muncul sebuah pertanyaan- “boleh ga kalau hari ini kita lakuin 5 menit tapi 5 hari kedepan gaperlu ngelakuin lagi?”. Jawabannya jelas tidak. Teknik ini memiliki tujuan untuk melatih disiplin kamu dengan membuat suatu hal menjadi rutinitas. Jadi, untuk memaksimalkan dampak dari teknik ini, lakukanlah suatu hal secara rutin setiap harinya. Setelah melakukan teknik ini secara setiap hari, tanpa kamu sadari kamu akan meningkatkan batas waktu yang kamu berikan untuk melakukan teknik ini setiap harinya. Hal yang terpenting dari teknik ini adalah, kamu harus memahami apa yang ingin kamu capai dan apa tujuan kamu, ini akan membantu teknik Kaizen berjalan lancar.

Yuk, cobain teknik ini!

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Baskara Adi Pamungkas

Komentar
Artikel ini telah dibaca 60 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack