Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 11 Apr 2023 12:00 WIB ·

Fakta-Fakta Luksemburg, Negara dengan Upah Tertinggi di Eropa


Img: Pexels/laura-paredis Perbesar

Img: Pexels/laura-paredis

Fakta-Fakta Luksemburg, Negara dengan Upah Tertinggi di Eropa –Setelah Qatar yang kini memiliki PDB per kapita tertinggi di dunia, Luksemburg bisa terbilang sebagai salah satu negara terkaya di dunia dengan tingkat kemakmuran yang tinggi.

Negara yang berbatasan dengan Prancis, Jerman, dan Belgia ini memiliki sejumlah fakta menarik untuk dibahas, salah satunya adalah upah minimumnya yang relatif tinggi yakni Rp 30 juta. Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya dari Luksemburg. Yuk, simak sampai habis!

Fakta-Fakta Luksemburg, Negara dengan Upah Tertinggi di Eropa

Sistem pemerintahan

Sistem pemerintahan Luksemburg adalah monarki konstitusional dengan sistem pemerintahan parlementer. Menurut konstitusi tahun 1868, kekuasaan eksekutif Luksemburg dikelola oleh Adipati Agung dan Dewan Legislatif (Kabinet), yang meliputi Perdana Menteri, yang merupakan kepala pemerintahan.

Menurut Kemlu.go.id, menteri pertama adalah pungutan yang diperuntukkan bagi pimpinan partai atau partai dengan anggota terbanyak di Luxemburg. Parlemen Luxemburg dikenal sebagai Camera dei Deputati dan merupakan sebuah badan legislatif. Anggota Parlemen Luksemburg terpilih langsung selama lima tahun. Luksemburg memiliki tiga bahasa resmi (Luksemburg, Prancis, dan Jerman). Budayanya adalah perpaduan pengaruh Eropa, Jerman, dan Romawi.

Negara dengan mobil terbanyak

Di antara negara-negara anggota UE, Luksemburg memiliki tingkat kepemilikan mobil tertinggi. Sejak setidaknya 30 tahun, Luksemburg telah mempertahankan tingkat motorisasi tertinggi.

Pada 2019, ada 681 mobil untuk setiap seribu penduduk di Tanah Air. Angka ini mungkin terpengaruh oleh para pekerja transfrontal (bukan penduduk) yang menggunakan kendaraan tak berpenghuni di negara tersebut.

Luksemburg juga menjadi negara pertama yang menghapus transportasi umum. Luksemburg telah menghapus tarif kereta, trem, dan bus untuk warganya mulai Maret 2020.

Hari Nasional Luksemburg

Setiap tahun pada tanggal 23 September, Grand Duchess Charlotte, pemimpin negara, merayakan hari ulang tahunnya. Namun, ulang tahunnya yang sebenarnya adalah tanggal 23 Februari, namun tanggalnya telah berubah dan perayaannya telah terjadwal ulang untuk kondisi cuaca yang lebih baik. Hari Nasional dirayakan di seluruh negeri dengan kembang api, musik live, dan perayaan terbuka lainnya.

Charlotte terkenal karena perannya dalam Perang Dunia Kedua sebagai pengungsi. Karena dia, gerakan perlawanan di Luksemburg berkembang pesat. Setelah perang, dia tetap sangat populer dan membimbing negaranya yang merdeka dan berdaulat menuju integrasi Eropa dan pembangunan ekonomi.

Negara terkaya di Eropa

Secara ekonomi, Luksemburg memiliki PDB per kapita tertinggi kedua di dunia, hanya tertinggal dari Qatar, dengan hampir 93.000 euro. Negara ini juga memiliki upah minimum tertinggi di Eropa dan tertinggi kedua di dunia, yaitu 1.923 euro per bulan. Menurut Theculturetrip.com, tingkat pengangguran di Luxembourg adalah yang terendah di Eropa, dan sudah berlangsung selama 40 tahun.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 249 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts