Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 17 Apr 2023 12:00 WIB ·

Fakta-Fakta Unik Black Panther, Hewan Langka yang Muncul di India


Img: World Animal Fondation Perbesar

Img: World Animal Fondation

Fakta-Fakta Unik Black Panther, Hewan Langka yang Muncul di India –Teman-teman pasti pernah mendengar tentang binatang yang populer sebagai macan kumbang. Panther adalah kucing hitam besar yang menjadi terkenal sebagai hasil dari serial film yang menjadikan hewan ini sebagai karakter utama. Meski semakin terkenal, banyak orang yang tidak mengetahui penampakan asli hewan tersebut. Faktanya black panther adalah spesies kucing besar yang sudah sangat langka.

Selain itu, hewan ini memiliki banyak ciri menarik lainnya, mulai dari warna bulunya hingga kemampuan bertahan hidupnya yang beragam. Nah, berikut adalah fakta unik tentang black panther yang belakangan ini viral karena muncul di hutan India!

Fakta-Fakta Unik Black Panther, Hewan Langka yang Muncul di India

 

Berasal dari tiga benua

Pada kenyataannya, macan kumbang merupakan keturunan dari berbagai spesies kucing besar, sehingga dapat kita temukan di tiga benua yang berbeda. Seperti macan kumbang di Afrika dan Asia, mereka ditemukan di vegetasi yang lebat, seperti pegunungan Afrika dan hutan tropis di Cina, Nepal, Sri Lanka, Malaysia, dan Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, black panther atau jaguar menjadi lebih umum di Amerika Utara, khususnya di Amerika Tengah dan Selatan.

Memiliki kulit hitam

Warna bulu hitam legam macan kumbang di sekujur tubuhnya jelas menarik. Diketahui bahwa warna melanisme merupakan hasil dari proses evolusi yang hewan ini butuhkan. Warna mantel hitam membantu hewan-hewan ini meniru diri mereka sendiri, memungkinkan mereka untuk bertahan hidup dan bereproduksi dengan lebih baik. Khususnya pada spesies Panthera onca, yang meliputi melanisme yang berasal dari gen dominan.

Turunan dari jaguar dan leopard

Selain itu, ada beberapa fakta mendasar lainnya yang harus sobat ketahui, seperti asal usul macan kumbang. Banyak orang menganggap macan kumbang sebagai spesies kucing besar yang sangat berbeda. Padahal, macan kumbang adalah jenis kucing besar yang sama dengan jaguar atau leopard.

Bisa berenang

Jelas ada beberapa kemampuan yang dimiliki kucing besar. Meski banyak jenis hewan yang takut air, hal ini tidak berlaku bagi panther. Sebenarnya, panther termasuk hewan yang suka air dan pantai berpasir. Alhasil, muncul berbagai jenis macan kumbang yang hidup di dekat air, seperti rawa dan lahan basah.

Pemburu handal

Satu-satunya hal yang dimiliki macan kumbang adalah kemampuan berburu dengan tenang. Memiliki bulu hitam merupakan keuntungan besar bagi hewan ini saat berburu mangsa seperti antelop, rusa, babi hutan, tapir, dan lain sebagainya. Hewan ini juga sangat cepat dan kuat sehingga banyak mangsa yang akan terperangkap karena kemampuannya bersembunyi.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 824 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts