Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 9 Mar 2023 22:15 WIB ·

Fakta Menarik Seputar Kentang yang Belum Kamu Tahu


Img: Pexels/r-khalil Perbesar

Img: Pexels/r-khalil

Fakta Menarik Seputar Kentang yang Belum Kamu Tahu –Kentang merupakan tanaman umbi dengan biji dua atau dikotil. Kentang awalnya merupakan tanaman liar, namun lama kelamaan banyak orang membudidayakannya karena rasanya yang enak dan dapat kita makan dengan berbagai cara.

Kentang sering masyarakat Indonesia konsumsi dalam bentuk kentang goreng, sayuran campur bening, hingga sup.

Fakta Menarik Seputar Kentang yang Belum Kamu Tahu

Simak fakta menarik seputar kentang, yuk!

Kentang ditemukan 2000 tahun lalu

Kentang ditemukan oleh suku Inca di wilayah pegunungan Andes Peru setidaknya 2000 tahun sebelum kedatangan penjajah Spanyol. Diawali dengan ditemukannya butiran pati kentang dalam penggalian. Nama Potato berasal dari bahasa Inka, tepatnya ‘papa’ yang mirip dengan ‘batata’.

Warna permukaan kulit kentang tidak merata

Adanya tunas samping, terkenal juga dengan mata, menyebabkan variasi pada permukaan kulit kentang. Setiap mata merupakan kumpulan tunas, dan setiap tunas memiliki potensi untuk berkembang menjadi batang baru. Mengapa kulit kentang sering terkelupas jika kita perhatikan? Hal ini terjadi karena umbi belum matang, serta pembentukan kulit yang tidak mencukupi.

Dapat menjadi masakan yang lezat

Siapa yang tidak pernah mendengar masakan kentang? Lidah orang Indonesia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, menikmati rasanya yang lezat. Mudah dan murah untuk mendapatkannya. Kentang dapat kita olah menjadi berbagai macam masakan, antara lain perkedel kentang, sambal kentang, keripik kentang, dan masih banyak lagi lainnya.

Beragam warna

Tanaman kentang ini hadir dengan berbagai macam bentuk, namun hanya yang umum kita jumpai di Indonesia yang berbentuk bulat dan lonjong. Terlepas dari apakah kentang itu kotak, memanjang, atau pipih. Ada beberapa jenis warna kentang, antara lain kuning cerah, jingga, merah, dan ungu.

Saat menyimpan kentang hindari cahaya

Kentang harus kita simpan pada suhu 2-4°C. Karena peningkatan respirasi, suhu tinggi mengurangi umur simpan kentang. Selain itu, paparan cahaya harus ada batasan untuk mencegah pembentukan klorofil yang menyebabkan kentang menghijau dan membuat daging kentang terasa pahit.

Beragam manfaat

Selain kandungan karbohidrat, kentang juga tinggi vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Kalsium, fosfor, potasium, dan vitamin C adalah beberapa vitamin dan mineral.

Kandungan zat pada kentang juga bebas gluten alias gluten free. Gluten adalah protein yang ada dalam biji-bijian seperti bibit gandum. Kentang dapat kamu jadikan sebagai alternatif yang tepat bagi orang yang memiliki masalah dalam mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, seperti penyakit Celiac.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 575 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts