Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 8 Des 2022 18:00 WIB ·

Fakta Unik Hiu Greenland, Bisa Hidup Hingga Ratusan Tahun


Img: https://nationalgeographic.grid.id/about Perbesar

Img: https://nationalgeographic.grid.id/about

Fakta Unik Hiu Greenland, Bisa Hidup Hingga Ratusan Tahun –Apakah kamu tahu bagaimana para ilmuwan menghitung usia hiu? Umur hewan laut ini biasanya ditentukan oleh pita pertumbuhan pada sirip atau tulang punggungnya. Hal yang sama berlaku untuk menghitung lingkaran tahun pada pohon. Namun, tidak semua hiu memiliki tulang, sirip atau jaringan keras di tubuhnya, misalnya hiu Greenland.

Tulang punggung ikan ini terlalu lunak untuk membentuk pita pertumbuhan seperti hiu lainnya. Akibatnya, para ilmuwan akhirnya menggunakan penanggalan karbon untuk menentukan umurnya. Akibatnya, hiu tersebut tampak berusia berabad-abad.

Fakta Unik Hiu Greenland, Bisa Hidup Hingga Ratusan Tahun

Mampu hidup hingga lebih dari 500 tahun

Protein di mata hiu Greenland terbentuk sebelum lahir dan tidak berkurang seiring bertambahnya usia. Menurut Layanan Kelautan Nasional AS, para ilmuwan menggunakan protein ini untuk penanggalan karbon. Sebuah studi tentang hiu Greenland yang terjerat jaring ikan menemukan bahwa usia mereka berkisar antara 272 hingga 512 tahun. Meskipun penanggalan karbon hanya memberikan perkiraan, hiu ini masih merupakan vertebrata (hewan bertulang belakang) yang paling lama hidup.

Tinggal di perairan dingin

Hiu Greenland pernah ditemui oleh kapal Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS di New England pada kedalaman 783 meter. Namun, ikan tersebut pernah diamati menyelam hingga kedalaman 2.200 meter.

Hiu Greenland adalah satu-satunya hiu yang dapat hidup sepanjang tahun di perairan dingin Samudra Arktik.

Metabolismenya lambat

Metabolisme hiu Greenland yang lambat adalah salah satu alasan ia bisa hidup begitu lama. Hewan ini memiliki metabolisme yang memungkinkan mereka beradaptasi dengan air yang dingin dan dalam.

Metabolisme yang lambat ini juga menjelaskan mengapa salah satu biota laut ini tampak menua dan bergerak lambat. Kecepatan renang tertinggi kurang dari 2,9 kilometer per jam. Hiu Greenland dianggap belum dewasa secara seksual hingga berusia lebih dari satu abad karena pertumbuhannya yang sangat lambat.

Termasuk binatang yang mandiri sejak kecil

Hiu Greenland adalah ovovivipar, yang berarti telur mudanya tersimpan di dalam sampai menetas. Ikan ini rata-rata memiliki sepuluh keturunan.

Menurut Encyclopaedia Britannica, jenis, jumlah, dan durasi pemeliharaan anak hiu Greenland tidak terdeteksi. Para ahli percaya bahwa vertebrata ini, seperti spesies hiu lainnya, sudah mandiri sejak lahir. Hiu ini termasuk salah satu ikan bertulang rawan terbesar. Saat dewasa, hewan ini bisa mencapai panjang 7 meter dan berat 1025 kilogram, namun kebanyakan hanya mencapai panjang 2-4 meter saja.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Tips Meningkatkan Skill

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts