Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 3 Nov 2022 15:00 WIB ·

Fakta Unik Kumbang Picasso, Serangga dengan Corak bak Lukisan!


img: instagram.com/jerrysaltz Perbesar

img: instagram.com/jerrysaltz

Pernahkah kamu memdengar nama kumbang Picasso ini? Dari namanya saja sudah cukup unik, bukan?

Seperti yang kita semua ketahui, di dunia ini memang teddapat banyak sekali spesies hewan unik. Mulai dari hewan yang bertulang belakang, hingga yang tak bertulang belakang, seperti serangga unik yang satu ini. Namanya adalah kumbang Picasso, atau yang dalam bahasa ilmiah bernama Sphaerocoris Annulus.

Nah, mendengar nama kumbang yang satu ini, kamu pasti langsung membayangkan pelukis terkenal Pablo Picasso bukan? Atau mungkin kamu juga bertanya-tanya, mengapa kumbang yang satu ini memiliki nama yang sama seperti pelukis legendaris tersebut.

Daripada semakin penasaran, yuk langsung saja simak fakta unik kumbang Picasso berikut ini!

1. Hidup di Afrika

Kumbang Picasso merupakan jenis kumbang yang berasal dari famili Scutelleridae. Kumbang ini hidup di kawasan tropis dan subtropis Afrika.

2. Memiliki ukuran panjang 8 milimeter

Tidak ada yang spesial dengan ukuran kumbang ini. Sama seperti serangga kecil pada umumnya, kumbang ini memiliki ukuran panjang sekitar 8 milimeter.

3. Memiliki nama seperti nama pelukis terkenal.

Bukan tanpa alasan, kumbang Picasso disebut demikian karena memiliki pola yang indah bak lukisan pada pelindung sayapnya. Ya, benar sekali, kumbang yang satu ini memiliki nama yang sama seperti nama seorang pelukis legendaris, Pablo Picasso.

4. Memiliki nama lain kumbang Zuluhud

Selain kumbang Picasso, hewan satu ini juga memiliki sebutan lain, yaitu kumbang Zuluhud. Nama yang sama uniknya, bukan?

5. Sayap yang indah berfungsi sebagai peringatan

Nah, pola yang unik dan indah bak lukisan pada pelindung sayap serangga ini ternyata punya fungsinya sendiri lho! Pola ini berfungsi sebagai peringatan bagi predatornya.

6. Mengeluarkan bau menyengat ketika merasa terancam

Meskipun memiliki bentuk yang unik can cantik, tapi jangan salah. Apabila si kumbang merasa terancam, siap-siap saja untuk mencium bau menyengat yang mampu kumbang ini keluarkan.

7. Mengalamu metamorfosis tidak sempurna

Berbeda halnya dengan kupu-kupu, kumbang Picasso ini mengalami metamorfosis tidak sempurna. Namun, kedua hewan ini sama-sama cantik, ya!

Nah, itu dia deretan fakta unik tentang kumbang Picasso. Setelah membaca informasi di atas, kini kamu sudah lebih kenal dengan hewan unik satu ini, kan? Dari ketujuh fakta unik di atas, fakta mana saja nih yang paling membuat kamu terkesan?

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 92 kali

Baca Lainnya

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater

23 Mei 2023 - 18:00 WIB

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater
Trending di Fun Facts