Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 29 Sep 2022 09:00 WIB ·

Fakta Unik Middlemist Red, Salah Satu Bunga Terlangka di Dunia


img: istockphoto.com/sonia-cervantes Perbesar

img: istockphoto.com/sonia-cervantes

Berbicara soal bunga terlangka, pikiran kita mungkin langsung melayang ke Rafflesia Arnoldii, salah satu bunga terlangka yang berasal dari Indonesia. Padahal, ada bunga lain yang tak kalah langka lho, yaitu Middlemist Red atau Camellia Japonica.

Penasaran mengenai bunga ini? Simak artikel mengenai fakta unik Middlemist Red ini sampai selesai, yuk!

1. Dibawa dari China oleh John Middlemist

Mengutip The Guardian, John Middlemist adalah orang yang membawa bunga ini dari China pada tahun 1804, lalu memberikannya ke Kew Gardens. Sempat diduga menghilang, ternyata ditemukan kembali pada tahun 1823, disimpan oleh Duke of Devonshire keenam di konservatori milik kakek buyutnya.

Diyakini, middlemist red hanya tersisa di dua lokasi di dunia, yaitu di Chiswick House & Gardens, London barat, Inggris, dan di Treaty House, Waitangi, Selandia Baru. Benar-benar langka!

2. Konservatorinya Pernah Hampir Hancur

Di akhir abad ke-19, Chiswick House & Gardens disewakan ke berbagai penyewa dan hampir jatuh dalam kehancuran.

Namun, berkat bantuan relawan lokal, konservatori dapat pulih kembali. Namun, ahli botani membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk mengidentifikasi seluruh spesies bunga di tempat itu.

3. Warna Sebenaarnya adalah Merah Muda

Camellia sendiri merupakan bagian dari famili Theaceae dan memiliki sekitar 300 spesies serta lebih dari 3.000 hibrida (generasi hasil persilangan). Tanaman ini berasal dari Asia Timur, tepatnya China dan Jepang.

Walau namanya middlemist red, warna sesungguhnya adalah merah muda tua (deep pink). Daunnya berwarna hijau gelap. Namun, pada pertengahan 1820-an, middlemist red mulai musnah di habitat aslinya.

4. Mekar ketika Musim Dingin

Di Chiswick House & Gardens, middlemist red tumbuh di rumah kaca, di lingkungan yang dikontrol ketat. Bunganya mekar di tengah musim dingin, biasanya antara bulan Januari dan Februari, mengutip Insteading.

Seperti genus Camellia yang lain, middlemist red tumbuh lebih baik di bawah naungan pohon-pohon tinggi. Mereka menyukai tanah asam yang kaya humus dan membutuhkan banyak air.

5. Punah di Habitat Aslinya

Masih menjadi misteri mengapa middlemist red tidak tersisa di habitat aslinya. Salah satu teori paling masuk akal adalah pembudidayaan berlebihan yang membuatnya punah di alam liar.

Nah, itulah beberapa fakta unik seputar middlemist red, salah satu bunga paling langka di dunia. Apakah kamu ingin menyaksikan keindahannya secara langsung?

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 255 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Kampus PTN

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia
Trending di Fun Facts