Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 28 Nov 2022 18:48 WIB ·

4 Fakta Unik Planet Venus, Terkenal Sebagai Bintang Pagi dan Bintang Senja


Img: Pexels/Johan-de-beer- Perbesar

Img: Pexels/Johan-de-beer-

Fakta Unik Planet Venus, Terkenal Sebagai Bintang Pagi dan Bintang Senja –Venus adalah salah satu planet di tata surya kita. Apa saja fakta Planet Venus, benda langit paling terang setelah Matahari dan Bulan?

Planet Venus, setelah Matahari dan Bulan, merupakan benda langit paling terang, menurut buku Tim IPA KP The Universe. Itulah mengapa Venus terkenal sebagai bintang pagi bahkan bintang kejora.

Venus juga terkenal sebagai bintang pagi karena terbit di timur sebelum matahari terbit. Selain itu, juga sebagai bintang barat atau bintang senja karena dapat terlihat di barat setelah matahari terbenam. Bintang timur dan barat dapat kita lihat dengan mata telanjang pada pagi dan sore hari. Venus akan seterang bintang.

Jarak Venus dari matahari adalah 108 juta kilometer, dan diameternya 12.102 kilometer. Venus membutuhkan 243 hari untuk berotasi dan 225 hari untuk berevolusi mengelilingi Matahari.

Fakta Unik Planet Venus

Rotasi lebih lamban dari bumi

Rotasi Venus dikenal sangat lambat. Padahal, waktu yang dibutuhkan untuk rotasi lebih besar dari waktu yang dibutuhkan untuk revolusi. Selain itu, Venus memiliki atmosfer yang selalu berawan, sehingga sulit untuk menentukan sifat permukaannya. Atmosfer Venus terdiri dari 96 persen karbon dioksida, 3,4 persen nitrogen, 0,1 – 0,5 persen uap air, dan sisanya adalah gas lainnya.

Suhu permukaan Venus juga sangat tinggi. Adapun suhu tertinggi yang pernah tercatat di Venus adalah 475 derajat Celcius. Suhu permukaan Venus yang sangat panas membuat planet ini tidak memiliki air, sehingga tidak ada kehidupan.

Planet terpanas di tata surya

Venus lebih panas dari Merkurius, planet yang paling dekat dengan matahari. Konsentrasi karbon dioksida dan belerang yang tinggi di atmosfer Venus memerangkap panas, menyebabkan suhu permukaan mencapai 462 derajat Celcius. Ini mirip dengan efek rumah kaca.

Pesawat ruang angkasa tak berawak yang dikirim ke Venus hanya bertahan beberapa jam di permukaan sebelum dihancurkan oleh suhu yang sangat panas.

Planet paling terang

Planet adalah benda langit yang tidak memiliki kemampuan untuk memancarkan cahayanya sendiri. Namun, Venus terus memantulkan sinar matahari yang sangat terang. Ini karena kandungan belerang yang tinggi di atmosfer Venus. Belerang dapat memantulkan cahaya, sehingga Venus memantulkan banyak cahaya, membuat Venus tampak sangat terang.

Banyak gunung berapi

Ada ribuan gunung berapi aktif di permukaan planet Venus. Lebar gunung berapi ini berkisar antara 0,8 hingga 240 kilometer. Sedangkan titik tertingginya setinggi 11,3 kilometer di Pegunungan Maxwell.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 133 kali

Baca Lainnya

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater

23 Mei 2023 - 18:00 WIB

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater
Trending di Fun Facts