Faktor Penghambat E-Commerce – Perkembangan digital sangat pesat saat ini, dengan didukung oleh perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju. Mayoritas masyarakat lebih suka belanja melalui online. Dengan tetap berada dirumah, dengan menggunakan handphone mereka dapat membeli dengan satu klik saja. Seiring dengan perkembangan teknologi ini, persaingan dalam penjualan pun meningkat.
E-Commerce atau singkatan dari elektronik Commerce yaitu suatu aktivitas penjualan, pembelian dan pemasaran yang semua aktivitasnya dilakukan dengan media elektronik. Dengan memanfaatkan e-commerce pada saat ini memudahkan transaksi antara penjual dan pembeli tanpa harus bertatap muka.
Setelah mengetahui faktor pendorong apa saja untuk menggunakan E-commerce. Alangkah baiknya kalian juga mempelajari faktor apa saja yang menghambat dalam menggunakan E-Commerce, simak sebagi berikut.
Berikut Faktor Penghambat Dalam E-Commerce
Koneksi Internet
Faktor pertama penghambat dalam menggunakan E-commerce yaitu koneksi internet. Dengan kurangnya pembangunan koneksi internet setiap tempat, wilayah maupun daerah. Dengan belum meratanya pembagian koneksi ini sangat berpengaruh dalam menggunakan e-commerce. Koneksi internet sangat penting untuk berjalannya e-commerce, dengan koneksi yang merata disetiap daerah akan mempermudah mengakses e-commerce.
Alat Pembayaran
E-commerce tentunya perlu dengan alat pembayaran secara online. Dengan menggunakan e-wallet, dompet digital dan lain sebagainya akan mempermudah dalam transaksi. Sayangnya, tidak semua orang menggunakan alat pembayaran online, mungkin dari faktor kurangnya update . Kemudian faktor penghambat e-commerce terjadi, dengan tidak menggunakan alat pembayaran online target pasar akan menurun dan berkurang.
Keamanan transaksi
Keamanan transaksi sangat penting dalam e-commerce. Akhir-akhir ini banyaknya informasi yang beredar dengan adanya kebocoran suatu data karena kurangnya keamanan. Dengan itu, pelanggan sangat berhati-hati dalam menggunakan e-commerce. Bukan hanya itu, banyaknya penipuan online dengan mengaku pegawai bank dengan melakukan aksi bagi-bagi hadiah. Dengan adanya kejadian tersebut masyarakat enggan dan takut untuk melakukan transaksi dengan menggunakan E-Commerce.
Logistik
Faktor penghambat keempat yaitu logistik. Ketika suatu toko tidak mampu memastikan kapan pelanggan menerima suatu produk yang tepat. Hal itu, akan berpengaruh pada kepuasan pelanggan terhadap toko. Dengan menggunakan E-Commerce, suatu toko tidak dapat memastikan barang yang sampai pelanggan dalam keadaan baik atau tidak. Selain itu, dengan menggunakan jasa pengatar juga tidak dapat memprediksi keadaan produk akan rusak atau tidak.
Belanja secara offline sangat berbeda dengan belanja online. Ketika belanja offline kalian dapat melihat secara detail barang yang akan dibeli memiliki kerusakan atau tidak. Akan tetapi, ketika menggunakan E-commerce kalian bisa melihat ketika produk sampai. Dengan adanya permasalahan tersebut, tak jarang beberapa toko menggunakan perlindungan ketika membungkus suatu barang, agar tahan banting dan tetap bagus ketika sampai pelanggan.
Demikian faktor-faktor yang menghambat untuk menggunakan E-commerce. Semoga bermanfaat ya teman-teman mediaedukasi.id