Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 8 Sep 2022 18:00 WIB ·

Ketahui 4 Gejala Diabetes Pada Wanita!


Img: pexels-pavel-danilyuk Perbesar

Img: pexels-pavel-danilyuk

Diabetes adalah sekelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi sebagai akibat dari masalah pemrosesan atau produksi insulin. Diabetes dapat menyerang siapa saja pada usia, ras, atau jenis kelamin berapa pun. Hal ini dapat mempengaruhi orang-orang dari semua lapisan masyarakat.

Menurut Healthline, temuan ini menyoroti bagaimana penyakit ini mempengaruhi wanita secara berbeda dari pria. Wanita sering menerima pengobatan yang kurang agresif untuk faktor risiko kardiovaskular dan kondisi terkait diabetes, membuat beberapa komplikasi diabetes pada wanita lebih sulit untuk didiagnosis. Karena hormon dan peradangan bekerja secara berbeda pada wanita, wanita sering memiliki jenis penyakit jantung yang berbeda dari pria.

Beberapa gejala diabetes khas perempuan. Untuk mempelajari lebih lanjut, perhatikan gejala berikut untuk wanita:

Infeksi jamur dan sariawan

Pertumbuhan jamur candida yang berlebihan dapat menyebabkan infeksi jamur vagina, infeksi jamur mulut, dan sariawan vagina. Infeksi ini sangat umum terjadi pada wanita. Gatal, nyeri, dan keputihan adalah beberapa gejala infeksi vagina. Infeksi jamur di mulut sering menyebabkan lapisan putih di lidah dan di dalam mulut. Jamur tumbuh sebagai respons terhadap tingginya kadar glukosa dalam darah.

Infeksi saluran kemih

Diabetes meningkatkan kemungkinan infeksi saluran kemih (ISK). Ketika bakteri memasuki saluran kemih, mereka menyebabkan ISK. Infeksi ini dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan, sensasi terbakar, urin berdarah atau keruh, dan gejala lainnya. Jika gejala ini tidak mendapat penanganan, ada risiko infeksi ginjal. ISK sering terjadi pada wanita diabetes, karena sistem kekebalan yang melemah yang disebabkan oleh hiperglikemia.

Disfungsi seksual

Neuropati diabetes berkembang ketika kadar glukosa darah tinggi merusak serabut saraf. Hal ini dapat mengakibatkan kesemutan dan mati rasa di berbagai bagian tubuh, termasuk tangan dan kaki. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi sensasi vagina dan mengurangi gairah seks wanita.

Sindrom Ovarium Polikistik

Kondisi ini terjadi ketika seseorang memproduksi hormon pria dalam jumlah berlebihan. Gejala Sindrom Ovarium Polikistik termasuk menstruasi tidak teratur, penambahan berat badan, jerawat, depresi, dan infertilitas. Ini juga dapat menyebabkan resistensi insulin, yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Menurut Medicinenet, beberapa gejala diabetes dialami oleh pria dan wanita, seperti rasa haus dan lapar yang berlebihan, sering buang air kecil, penurunan atau penambahan berat badan, penyembuhan luka yang lambat, dan kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan