Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 4 Jul 2022 13:00 WIB ·

Ternyata Gurita Bunuh Diri Sendiri Usai Bertelur!


Img: pixabay.com - sandrine RONGÈRE Perbesar

Img: pixabay.com - sandrine RONGÈRE

Di lingkungan sekitar, kita pasti sering melihat hewan yang hidup berdampingan dengan anak-anaknya. Mulai dari kambing, sapi, hingga kucing peliharaan, mereka dapat hidup berdampingan dengan anak-anaknya. Namun, ternyata ada, lo, seekor hewan yang justru membunuh dirinya usai bertelur. Karena itulah, secara otomatis seorang anak dari hewan tersebut harus hidup sendiri. Bahkan, hewan tersebut pun jadi memiliki takdir untuk hidup tanpa orang tua. Hiks, sedih ya! Nah, kira-kira hewan apakah itu? Yuk, simak pemaparan berikut!

 

Gurita Membunuh Dirinya Sendiri Usai Bertelur

Mengenal Gurita

Yup! Hewan yang bunuh diri usai bertelur adalah gurita. Namun, tahukah kalian gurita itu hewan yang seperti apa? Yuk, simak!

Gurita adalah hewan yang hidup di laut dan merupakan hewan moluska. Hewan ini berasal dari kelas Cephalopoda, ordo Octopoda. Hidup di terumbu karang sebagai habitat utamanya, gurita memiliki tentakel sejumlah 8. Namun, jumlah tentakel itu bisa bertambah banyak apabila mereka sempat terluka sehingga menghasilkan lebih banyak anggota tubuh yang tumbuh. Hewan ini terdiri dari 289 spesies. Selain dengan nama gurita, hewan ini juga populer dengan nama Octopus. Akan tetapi, nama octopus ini sering sekadar mengacu pada hewan dari genus Octopus.

 

Membunuh dirinya setelah bertelur

Sebelum benar-benar bertelur, seekor gurita betina sudah mulai berhenti makan dan mulai menyakiti dirinya. Gurita betina cenderung merobek kulitnya dan menggigit ujung tentakelnya sendiri. Setelah gurita betina bertelur, gurita betina tersebut akan bunuh diri. Lalu, saat anak gurita atau gurita muda keluar dari telurnya, induknya sudah tidak ada. Gurita betina yang menjadi ibunya sudah mati. Nyatanya, beberapa bulan setelahnya, ayah dari gurita muda itu pun mati. Dengan siklus yang seperti ini, banyak ilmuwan yang menilai kehidupan gurita sebagai kehidupan yang pendek. Akan tetapi, dengan kehidupan gurita yang terkesan suram tersebut, banyak ilmuwan yang menaruh perhatian serta rasa penasarannya berhadap kehidupan makhluk bertentakel 8 ini. Karena itulah, banyak ilmuwan yang melakukan penelitian untuk kasus gurita ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai gurita yang bunuh diri usai bertelur. Menurut kamu di luar sana ada tidak ya hewan-hewan yang memiliki perilaku seperti gurita ini? Nah, dari kisah gurita ini, sebagai manusia tentunya kita perlu bersyukur dengan takdir yang telah Tuhan berikan sehingga kita tidak perlu memiliki siklus kehidupan singkat seperti gurita. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 59 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Fakta Unik Seputar Jurusan

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern
Trending di Fun Facts