Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 24 Apr 2022 11:41 WIB ·

8 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Menjadi Anak Kos!


Img by pexels Perbesar

Img by pexels

Pernahkah kamu merasa bosan atau jenuh sampai tidak tahu apa yang mau dilakukan lagi? Atau merasa iri dengan teman-teman kampus kamu yang memiliki kegiatan produktif dan ingin seperti mereka? Hingga akibatnya kamu menyalahkan diri sendiri tidak bisa seperti mereka karena rasa malas yang tinggi. 

Sebagai mahasiswa khususnya anak rantau pastinya dituntut untuk hidup mandiri jauh dari orang tua. Selain itu, kamu juga harus memiliki karakter yang kreatif dan harus mempunyai skill untuk bekal di masa depan. Oleh karena itu, selagi kita masih muda patut memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar kelak menjadi manusia yang berkualitas. 

Ternyata ada banyak lho kegiatan yang bisa banget kamu lakukan untuk mengisi waktu luang menjadi bermanfaat. Buat kamu yang masih merasa bingung kegiatan apa saja yang bisa dilakukan oleh anak kos yang tidak hanya melulu rebahan di tempat tidur dan nongkrong menghabiskan uang sampai gak bisa makan pas tanggal tua, yuk cari tahu kegiatannya di bawah ini: 

  • Melakukan Pekerjaan Rumah

Rapi merupakan karakter yang menggambarkan bahwa dirimu merupakan orang yang teratur, teliti, bertanggung jawab dan memberikan kesan bahwa kamu adalah orang yang mudah diandalkan. Menyapu dan mengepel lantai, mencuci pakaian yang menumpuk, menggosok pakaian membuat kamarmu menjadi enak untuk dipandang dan tidak membuat kamu stress jika kamu pulang ke kos-an. Selain itu juga tidak mendatangkan penyakit lewat nyamuk, kecoa atau serangga lainnya. 

  • Memperhatikan Diri Sendiri 

Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri menjadi salah satu hal positif yang bisa kamu lakukan selanjutnya. Kamu bisa memulainya dengan melakukan skin care, berolahraga, dan bermeditasi. Kamu bisa melakukannya dengan membuat waktu khusus mulai dari 5 hingga 15 menit setiap harinya secara konsisten. 

Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri ada banyak manfaat yang kamu dapat. Mulai dari menjernihkan pikiran, meningkatkan konsentrasi otak, menjaga kesehatan mental dan fisik, serta lebih menghargai diri sendiri. 

  1. Menambah Wawasan 

Wawasan menjadi hal penting yang wajib kamu perluas di umur 18 bagi setiap orang. Dengan menambah wawasan berarti kamu belajar melihat berbagai perspektif orang-orang yang berbeda. 

Kamu dapat memulainya dengan mengatur jadwal harianmu, kemudian meluangkan waktu untuk membaca minimal 10 halaman buku setiap hari. Di era digital sekarang wawasan dapat kamu temukan dimana saja, lewat forum-forum, artikel di internet dan berbagai channel Youtube yang membahas tentang pendidikan maupun isu-isu sosial disekitar. Maka dari itu, kesulitan akses bukan menjadi alasan bagi mahasiswa untuk tidak memperluas wawasan.  

  1. Mengikuti Kegiatan Kampus

Ada banyak kegiatan sekali kegiatan kampus yang dapat kamu ikuti. Untuk kamu yang ingin memiliki pengalaman dalam sebuah organisasi, kamu bisa mengikuti kegiatan seperti kepengurusan organisasi eksekutif kampus, organisasi jurusan, kepanitiaan, ataupun organisasi diluar kampus. Selain itu ada organisasi lainnya yang mirip seperti ekstrakulikuler di sekolah yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Nah, di UKM ini biasanya banyak kegiatan yang bertujuan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa seperti di bidang olahraga, seni, penalaran, dan lain-lain. 

Ada banyak sekali manfaat yang kamu dapat dari mengikuti kegiatan kampus. 

  1. Menambah relasi atau memperluas pertemanan 
  2. Mengasah soft skill
  3. Menambah pengalaman bekerja sebagai tim
  4. Menambah prestasi 
  5. Belajar mengatur waktu 

 

  1. Mengerjakan Tugas Atau Berdiskusi Bersama Teman

Nah, yang satu ini bisa kamu lakukan dengan sesama teman jurusan atau dari jurusan lain di kampusmu. Selain mengerjakan tugas, kamu dapat berdikusi atau bertukar pikiran dengan temanmu mengenai kehidupan di kampus dan berbagi cerita. Hal ini bisa mempererat hubunganmu dengan teman-teman kampus. Eitss, ingat ya lakukan hal ini dengan efektif jadi tidak hanya membuang waktu saja. 

  1. Mengikuti Kursus 

Di zaman digital, kamu bisa mencoba ikut kursus lewat online maupun offline. Apabila kamu memilki jadwal yang sibuk, kamu bisa memilih kursus online yang bisa kamu pilih jam kursusnya. Terlebih lagi ada banyak aplikasi platform untuk belajar online seperti kursus bahasa Inggris, bisnis digital, saham, dan lain-lain. Kamu bisa mendapatkan pengalaman baru lewat influencer atau tokoh publik figur yang sudah memiliki ilmu dan pengalaman yang banyak serta mendapatkan e-sertifikat. Namun, kamu harus menyiapkan uang yang tidak sedikit apabila kamu ingin mengikuti kursus. 

  1. Berkarya

Selanjutnya, kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan menghasilkan sebuah karya. Khususnya buat kamu yang senang menulis bisa membuat blog yang berisi karya tulismu. Jika kamu pandai bermain alat musik atau bernyanyi, kamu bisa mencoba meng-cover lagu dan mengunggahnya nya di Youtube. Atau kamu yang suka berbicara di depan kamera dan ahli mengedit video, kamu bisa membuat video vlog yang berisi storytelling sehingga kamu mempunyai ruang kreativitas untuk berkarya. 

  1. Berwirausaha

Memiliki jiwa wirausaha memang wajib dimiliki oleh setiap orang. Kamu bisa mencoba kesempatanmu memiliki usaha kecil-kecilan untuk menambah uang sakumu seperti berjualan kripik atau jajanan kaki lima lainnya. Dengan berwirausaha, kamu berarti belajar untuk menjadi orang yang kreatif dan inovatif, menjadi orang yang mandiri dan berani mengambil resiko. 

Bagaimana mudah bukan? Kamu bisa menjadi produktif dengan memulainya dari hal-hal yang kecil dan yang paling terpenting adalah hilangkan rasa malasmu karena dalam waktu cepat atau lama kamu akan menyesalinya. Ayo produktif!

Kontributor Media Edukasi Indonesia : Fachri Budi

Komentar
Artikel ini telah dibaca 225 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack