Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 21 Apr 2022 21:50 WIB ·

Hardskill VS Softskill, Mana yang Terpenting?


Hardskill Vs Softskill. (Img : Google) Perbesar

Hardskill Vs Softskill. (Img : Google)

Istilah hardskill dan softskill pasti sudah tak lagi asing untuk para fresh graduate, job hunters, pekerja, atau bahkan mahasiswa yang kuliah sembari bekerja. Akan tetapi, ternyata masih banyak yang salah dalam mengartikan dua istilah ini, lho. Dua skill yang berbeda ini sering ditukar artinya dan berakhir dengan mengotori CV, padahal tujuan penyantuman hardskill dan softskill adalah untuk mempercantik dan melengkapi CV. Nah, untuk menghindari penulisan yang salah atau tertukar, berikut adalah penjelasan hardskill vs softskill dan mana yang lebih penting.

 

Pengertian Skill

Pengertian Skill. (Img : Google)

Sebelum memasuki pembahasan yang lebih mendalam, ada baiknya kita memulai dari pengertian skill itu sendiri. Dalam bahasa Indonesia, skill berarti kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang. Nah, skill ini terbagi menjadi dua, yaitu hardskill dan softskill.

 

Hardskill

Hardskill. (Img : Google)

Hardskill adalah kemampuan, keahlian, keterampilan, dan pengetahuan khusus yang dimiliki untuk sebuah pekerjaan tertentu. Hardskill dapat dipelajari dan dilihat ukurannya secara objektif. Mempelajari dan melatih hardskill dapat melalui pendidikan formal, kursus, pelatihan, ataupun sertifikasi. Dari pendidikan formal sampai sertifikasi itulah hasil yang objektif berupa nilai untuk mengukur kemampuan hardskill didapatkan. Contoh hardskill adalah sebagai berikut.

  1. Visualisasi Data
  2. Bahasa Asing
  3. Web & App Development
  4. Copy writing
  5. Content writing
  6. Digital Marketing
  7. Facebook Ads
  8. Google Ads
  9. Project Management
  10. Video Editing
  11. UI/UX Design
  12. UX Writing, dan lain sebagainya.

 

Softskill

Softskill. (Img : Google)

Softskill adalah kemampuan interpersonal yang dibutuhkan dalam pekerjaan apa pun. Softskill akan tampak ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain. Kita dapat mempelajari skill yang satu ini melalui pelatihan atau kursus tertentu, tetapi hasil dari pelatihan atau kursus itu tidak akan dapat muncul secara objektif. Tinggi rendahnya softskill seseorang bersifat subjektif. Oleh karena itu, tidak ada penilaian yang mutlak untuk mengukur softskill seseorang. Contoh softskill antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Adaptif
  2. Leadership
  3. Manajemen waktu
  4. Komunikasi
  5. Kerja sama tim
  6. Problem solving
  7. Berpikir kreatif
  8. Berpikir kritis
  9. Negosiasi
  10. Presentasi
  11. Networking
  12. Rasa ingin tahu
  13. Flexibility
  14. Public speaking
  15. Kecerdasan emosi, dan lain sebagainya.

 

Mana yang Lebih Penting?

Dari pengertian serta contoh dari hardskill dan softskill, pada akhirnya keduanya memang sama-sama penting. Hardskill bagus tanpa softskill yang mendukung sama saja dengan nol besar, begitu pula sebaliknya. Untuk mendapatkan suatu pekerjaan, kita perlu mencantumkan hardskill yang kita miliki di CV. Lalu, pada tahap interview, softskill itulah yang akan kita tunjukkan secara sadar maupun tak sadar. Tidak hanya itu, ketika hardskill membantu kita untuk melakukan dan mendapatkan pekerjaan, softskill berperan penting dalam usaha kita bertahan pada pekerjaan tersebut.

 

Nah, itulah penjelasan terkait hardskill vs softskill dan mana yang terpenting.  Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah, Ini Penyebabnya!

1 Maret 2024 - 22:08 WIB

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Mengenal Istilah Silent Layoff, Istilah Yang Populer di Dunia Kerja

1 Maret 2024 - 21:28 WIB

Silent Layoff

Ide Ngabuburit Yang Cocok Dilakukan Saat Bulan Puasa

29 Februari 2024 - 21:08 WIB

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Ide ngabuburit

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi