Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Sosial · 2 Jan 2024 21:15 WIB ·

Hari Introvert Sedunia 2 Januari, Pahami Tipe-Tipenya!


Hari Introvert Sedunia 2 Januari, Pahami Tipe-Tipenya! Perbesar

Pada tanggal 2 Januari, kita memperingati Hari Introvert Sedunia yang pertama kali di usulkan oleh psikolog Jerman, Felicitas Heyne, pada tahun 2011. Dalam artikelnya yang di tulis pada 20 September 2011 di situs webnya, Heyne menjelaskan mengapa perlu ada pengakuan khusus untuk introvert. Terdapat kesalahpahaman umum terhadap introvert, di mana sebagian besar di anggap sebagai individu pemalu, anti sosial, atau dingin. Padahal, sebenarnya, introvert adalah tipe kepribadian yang lebih cenderung fokus pada pemikiran dan perasaan, serta lebih menyukai lingkungan yang tenang.

Jika di lihat, sifat introvert mungkin terlihat serupa. Tetapi tidak banyak yang menyadari bahwa kepribadian ini juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah berbagai jenis introvert yang perlu Anda kenali.

Hari Introvert Sedunia Salah Satunya Introvert Sosial

Hari Introvert Sedunia

Ilustrasi Introvert (Img: bestmessages.org)

Di sebut sebagai introvert sosial bukan karena kesulitan dalam bersosialisasi, melainkan karena cenderung lebih memilih lingkaran pertemanan yang terbatas. Individu dengan tipe introvert ini hanya menjalin hubungan erat dengan beberapa teman dekat yang telah mendampingi mereka selama bertahun-tahun. Mereka memiliki ikatan yang sangat kuat dengan teman-teman tersebut, bahkan sering kali menganggap mereka sebagai saudara sendiri.

Introvert Pemikir

Ilustrasi Sedang Berfikir (img: pexels.com by tim gouw)

Tipe introvert ini di kenal sebagai pemikir yang ulung dan penuh imajinasi. Mayoritas individu dengan kepribadian introvert pemikir adalah orang yang cerdas, serius, dan sangat berhati-hati dalam setiap tindakannya. Kreativitas yang tak terbatas seringkali menjadi ciri khas dari mereka yang mendominasi tipe introvert ini. Kemampuan mereka untuk merancang hal-hal yang di anggap sulit dan prestasi yang mengagumkan membuat banyak orang terkesan.

Introvert yang Rentan Cemas

Ilustrasi Sifat Cemas (Img: uma.ac.id)

Dalam kategori tipe introvert, yang paling pemalu adalah introvert yang mudah cemas. Mereka tidak selalu menikmati keramaian dan lebih suka menghabiskan waktu di rumah bersama orang-orang yang membuat mereka merasa nyaman. Bukan karena anti sosial, introvert ini enggan berada di tengah kerumunan karena merasa canggung dan kesulitan menemukan topik pembicaraan. Mereka tidak terampil dalam basa-basi atau mencari percakapan.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Memahami Tanda Gangguan Kecemasan Sosial Pada Remaja

30 Januari 2024 - 21:42 WIB

Generasi Z: Kenali 5 Kakarteristik Yang Perlu Dipahami

6 Januari 2024 - 20:42 WIB

Generasi Z

Generasi Strawberry: Pengertian, Penyebab, dan Ciri-Cirinya

6 Januari 2024 - 20:41 WIB

Kalender 2024, Berikut Daftar 27 Tanggal Merah dan Cuti Bersama

29 Desember 2023 - 22:25 WIB

Kalender 2024

Manfaat dan Alasan Mengapa Harus Tinggal di Kos-kosan

25 Desember 2023 - 22:22 WIB

Manfaat dan alasan Kos Kosan

Makna Hari Ibu, Mengenang Kasih Sayang Tanpa Batas

20 Desember 2023 - 21:30 WIB

Makna Hari ibu
Trending di Sosial