Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 15 Sep 2023 11:08 WIB ·

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.


Img: thegreenrooms.net Perbesar

Img: thegreenrooms.net

Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Adapun kepribadian seseorang terdiri dari dua bagian yaitu introvert dan ekstrover. Dalam pengertiannya, introvert merupakan suatu kepribadian seseorang yang umumnya tidak terlalu banyak berbicara dan sering menyendiri. Sementara ekstrovert ialah kebalikan dari introvert ialah sifat kepribadian seseorang yang senang menghabiskan waktu bersama orang lain dan cenderung lebih banyak berbicara. Jika kita berbicara mengenai introvert, tipe kepribadian yang satu ini biasanya lebih banyak berfikir sebelum mengambil tindakan atau keputusan. Sifat seperti ini sebenarnya terbilang baik karena tujuannya agar tidak gegabah saat melihat kondisi tertentu. Orang yang memiliki sifat seperti ini biasanya suka memilih-milih ketika ingin mengungkapkan sesuatu. Untuk ekstrovert, sebenarnya ini adalah kebalikan dari introvert. Jika introvert cenderung lebih banyak menyendiri, sifat seorang ektrovert cenderung lebih banyak membaur atau berkumpul dengan banyak orang dan lebih banyak berkomunikasi. Intinya, orang yang memiliki kepribadian ekstrovert gemar berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Biasanya, orang tersebut cenderung lebih percaya diri serta mempunyai sifat terbuka dengan semua orang. Mereka yang memiliki sifat ekstrovert tidak merasa nyaman dengan kesendirian dan selalu ingin dengan orang lain. Baik itu introvert atau ekstrovert, kita bisa mengenali ciri-ciri dan perbedaannya seperti penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Introvert dan Ekstrovert.

  • Dari sisi sosial.

Untuk mengetahui perbedaan keduanya bisa di lihat dari sisi sosialnya. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa introvert cenderung ingin sendiri karena merasa nyaman. Namun perlu di ingat, bahwa introvert tidak selalu ingin sendiri saja seharian, terkadang mereka ingin berkumpul dengam beberapa orang saja dan keluarganya. Sedangkan ciri ekstrovert, cenderung lebih sering sosialisasi, aktif berbicara, dan sangat menyukai keramaian.

  • Dalam Hal Memilih Teman.

Dalam hal mencari teman, baik introvert maupun ekstrovert ada perbedaannya. Jika introvert, cenderung lebih memilih teman yang di rasa satu frekuensi dengan orang lain bahkan dalam jumlah teman seorang introvert tidak terlalu banyak bisa di hitung jari. Sedangkan pada ekstrover, biasanya tidak memilih-milih teman dan dapat membaur dengan siapa saja sehingga bisa berteman dengan banyak orang.

  • Dari Sisi Sifat.

Seseorang yang memiliki sifat introvert  biasanya terlihat dari sifatnya yang cenderung lebih pendiam bahkan jarang berbicara dan lebih sering mengamati orang bicara. Namun, orang yang memiliki sifat tersebut cenderung menjadi pendengar yang baik ketika lawan berbicara. Sedangkan ekstrovert, terlihat lebih aktif berbicara bahkan tidak sungkan untuk bertanya kepada lingkungan sekitar. Selain itu, sifat seorang ektrovert juga jauh lebih berani serta lebih fleksibel.

  • Dalam Bersikap.

Meskipun sifatnya pendiam dan jarang berbicara, tetapi ada satu hal yang menjadi kelebihan dari sifat introvert ini yaitu bersikap lebih hati-hati dalam membuat keputusan. Seorang introvert, lebih banyak banyak berfikir mengenai risiko yang di hadapi kedepan. Sedangkan seorang ekstrovert jauh lebih berani ambil risiko dan lebih berani dalam bersikap.

Dari pembahasan ini sebenarnya sikap keduanya baik itu introvert maupun ekstrovert bisa saja berubah tergantung lingkungan sekitar. Misalnya, anda bekerja di kantor yang memiliki suasana yang mendukung bisa saja berubah yang sebelumnya introvert menjadi ekstrovert begitu juga sebaliknya.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 141 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

5 Rekomendasi Perpustakaan Digital Gratis untuk Umum

6 Juni 2023 - 18:00 WIB

5 Rekomendasi Perpustakaan Digital Gratis untuk Umum
Trending di Life Hack