Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 7 Mei 2022 14:00 WIB ·

7 Istilah dalam Dunia Perkuliahan, Maba Wajib Tahu!


Img: hai.grid.id Perbesar

Img: hai.grid.id

Menjadi maba alias mahasiswa baru merupakan momen paling menyenangkan. Selain mendapatkan suatu kehormatan dan rasa bangga karena sudah melewati masa-masa berat selayaknya UTBK-SBMPTN atau jalur seleksi masuk lainnya, menjadi maba juga merupakan momen pengenalan lingkungan kampus yang cukup menyenangkan. Setidaknya, para mahasiswa yang sudah menduduki semester ‘tua’ menyebut bahwa masa menjadi maba adalah masa-masa yang jauh lebih menyenangkan daripada masa-masa ‘semester tua’. Menjadi maba merupakan suatu kesempatan untuk lebih mengenal dunia kampus lebih dalam. Akan tetapi, ada beberapa halangan dalam mengenal dunia kampus tersebut yang salah satunya adalah kurang atau tidak tahunya para maba atas istilah dalam dunia perkuliahan. Nah, berikut adalah 7 istilah dalam dunia perkuliahan yang wajib maba ketahui! Check it out!

 

1. Rektor

Saat memasuki suatu perguruan tinggi atau universitas, pasti kita akan bertemu dengan gedung rektorat. Nah, sebenarnya apa sih rektorat atau rektor itu? Jadi, rektor ialah jabatan seseorang yang menjadi ketua dan penanggung jawab dalam perguruan tinggi atau universitas.

 

2. Dekan

Istilah yang satu ini sering menjadi sumber kebingungan apalagi jika disandingkan dengan istilah rektor. Banyak maba yang masih sering keliru dan menukar arti istilah dekan dengan rektor. Nah, jika rektor adalah ketua dan penanggung jawab dalam perguruan tinggi atau universitas, dekan ialah penanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan dan urusan-urusan lain yang ada di dalam suatu fakultas.

 

3. Kajur

Kajur atau ketua jurusan adalah jabatan seseorang yang menjadi ketua dan penanggung jawab dalam lingkup jurusan.

 

4. Kaprodi

Kaprodi atau ketua program studi adalah jabatan seseorang yang menjadi ketua dan penanggung jawab dalam lingkup progam studi. Nah, progam studi sendiri ada dalam suatu jurusan tertentu.

 

5. KRS

Kartu Rencana Studi atau KRS adalah daftar mata kuliah yang akan mahasiswa ikuti dalam satu semester ke depan. Nah, di beberapa perguruan tinggi tertentu mahasiswa ada yang harus menyusun KRS-nya sendiri sesuai dengan buku pedoman yang berlaku. Namun, ada juga perguruan tinggi yang sudah memaketkan KRS-nya untuk mahasiswa-mahasiswanya.

 

6. SKS

SKS atau satuan kredit semester dapat diartikan sebagai banyaknya beban studi mahasiswa. Dalam 1 semester, mahasiswa biasanya wajib menyelesaikan beberapa SKS dan bisa lebih dari itu. Misalnya, SKS wajib yang mahasiswa tempuh adalah 20 SKS, tetapi mahasiswa diperbolehkan mengambil 24 SKS.

 

7. IP dan IPK

Indeks Prestasi atau IP adalah nilai atau hasil belajar yang mahasiswa dapatkan selama 1 semester. Kemudian, IPK atau Indeks Prestasi Komulatif adalah hasil belajar mahasiswa selama perkuliahan. Contoh penerapan IP dan IPK adalah sebagai berikut.

Ani memiliki IP semester 1 3,70 kemudian IP semester 2-nya adalah 3,60. Maka, IPK yang Ani miliki dari perkuliahannya selama 2 semester itu adalah 3,65.

 

Nah, itulah 7 istilah dalam perkuliahan yang wajib maba ketahui. Dari ketujuh istilah itu, ada ngga sih istilah yang belum kamu pahami?

Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 359 kali

Baca Lainnya

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game

Tanda Orang Yang Punya Mental Juara, Kamu Salah Satunya?

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Trending di Edukasi