Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 11 Nov 2022 18:17 WIB ·

Jenis-Jenis Vitamin yang diperlukan Tubuh


Img: Pexels/Polina-Tankilevitch Perbesar

Img: Pexels/Polina-Tankilevitch

Jenis-Jenis Vitamin yang diperlukan Tubuh –Ada banyak jenis vitamin, dan semuanya adalah nutrisi penting yang harus kamu konsumsi setiap hari. Berbagai jenis makanan memberikan vitamin yang berbeda. Akibatnya, kamu harus makan berbagai makanan untuk memastikan kebutuhan vitamin kamu terpenuhi.

Jenis-jenis Vitamin yang diperlukan Tubuh

Vitamin A

Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata kamu. Ini membantu penglihatan dalam cahaya rendah dan membedakan warna objek. Selain itu, vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Setiap hari, kamu membutuhkan sekitar 0,5-0,6 mg vitamin A. Kamu dapat memenuhinya dengan mengkonsumsi hati, wortel, minyak ikan cod, kentang, bayam, telur, dan keju.

Vitamin B

Vitamin B terdiri dari berbagai jenis, antaranya vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12. Kekurangan vitamin B dapat mengganggu berbagai proses metabolisme. Selanjutnya penyakit akibat kekurangan vitamin ini antara lain beri-beri, dermatitis, diare, dan anemia.

Vitamin C

Tubuh membutuhkan vitamin C, juga terkenal sebagai asam askorbat, untuk memproduksi kolagen. Kolagen adalah serat protein yang membantu menjaga elastisitas kulit, menyembuhkan luka, dan memperkuat pembuluh darah. Kebutuhan vitamin C harian adalah 50-90 mg. Untuk memenuhinya, makanlah beragam buah dan sayuran yang kaya vitamin C, seperti jeruk, kentang, tomat, brokoli, bayam, dan stroberi.

Vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium untuk pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak. Selanjutnya, vitamin ini membantu sistem kekebalan dalam melawan infeksi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan pelunakan tulang (osteomalacia), rakhitis, dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi. Setiap hari, kamu membutuhkan 15-20 mikrogram vitamin D. Saat terkena sinar matahari, kulit bisa memproduksi vitamin ini. Namun, tetap lebih baik agar kamu mendapatkan vitamin D dari makanan, seperti minyak ikan, telur, jamur, dan hati sapi.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melindungi sel dari kerusakan. Selanjutnya, vitamin E membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah, memperlambat penuaan, dan mengurangi risiko katarak dan radang sendi. Meskipun jarang terjadi, defisiensi vitamin E dapat menyebabkan anemia hemolitik. Tubuh membutuhkan 11-15 mikrogram vitamin E per hari. Untuk memenuhinya, makanlah beragam makanan kaya vitamin E seperti buah kiwi, alpukat, telur, susu, dan kacang-kacangan.

Vitamin K

Setiap hari, kamu membutuhkan 35-65 mikrogram vitamin K. Bakteri Escherichia coli yang terdapat di usus menghasilkan vitamin ini. Namun, kamu bisa mendapatkan cukup vitamin K dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, alpukat, dan kiwi, terutama jika kamu mengonsumsi obat pengencer darah. Penting untuk diingat bahwa kebutuhan vitamin setiap orang berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, dan kehamilan.

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan