Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 7 Jun 2024 19:49 WIB ·

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien


Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien Perbesar

Penderita ambeien atau wasir sering kali mengalami gejala yang sangat tidak nyaman, seperti rasa sakit, gatal, dan pendarahan saat buang air besar. Oleh karena itu, menjaga pola makan yang tepat sangat penting untuk mencegah perburukan kondisi ini. Beberapa jenis makanan tertentu dapat memperparah gejala ambeien dan sebaiknya di hindari. Berikut adalah jenis makanan yang perlu di hindari oleh penderita ambeien.

Makanan Rendah Serat

Jenis Makanan

Ilustrasi Makanan Rendah Serat (img: alodokter)

Makanan ini dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan salah satu penyebab utama ambeien. Sembelit memaksa penderita untuk mengejan lebih keras saat buang air besar, sehingga memperburuk kondisi ambeien. Contoh makanan rendah serat yang perlu dihindari meliputi roti putih, nasi putih, dan produk olahan tepung terigu.

Jenis Makanan Pedas

Jenis Makanan

Ilustrasi Makanan Pedas (img: ilmu.lpkn.id)

Hidangan ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan ketidaknyamanan bagi penderita ambeien. Paprika, cabai, saus pedas, dan makanan berbumbu kuat lainnya bisa meningkatkan peradangan dan memperburuk gejala ambeien. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan pedas untuk mengurangi risiko iritasi.

Jenis Makanan Gorengan

Ilustrasi Makanan Goreng (img: karanggedesismamedika.com)

Hidangan yang mengandung banyak lemak dan minyak, seperti gorengan dan makanan cepat saji, dapat memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan risiko sembelit. Makanan ini juga cenderung tinggi kalori dan rendah nutrisi, yang tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Hindari konsumsi seperti kentang goreng, ayam goreng, dan makanan siap saji lainnya.

Daging Merah dan Olahan

Jenis Makanan

Ilustrasi Daging Olahan (img: kliksehat)

Daging merah dan olahan, seperti sosis dan ham, sering kali sulit dicerna dan bisa menyebabkan sembelit. Daging jenis ini juga rendah serat dan dapat memperburuk gejala ambeien. Sebaiknya, pilih sumber protein yang lebih mudah dicerna seperti ikan, ayam tanpa kulit, atau sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan tahu.

Produk Susu

 

Produk susu, terutama yang tinggi lemak seperti keju, krim, dan es krim, dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan risiko sembelit. Beberapa orang juga mungkin memiliki intoleransi laktosa, yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan memperparah gejala ambeien. Jika memungkinkan, gantilah produk susu dengan alternatif yang lebih sehat seperti susu almond atau susu kedelai.

Jenis Makanan Manis dan Olahan Gula

Ilustrasi Makanan Manis (img: alodokter)

Kue, permen, dan minuman manis sangat rendah serat dan tinggi gula, yang bisa memperburuk sembelit dan gejala ambeien. Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang merupakan faktor risiko tambahan untuk ambeien. Sebaiknya, pilih camilan sehat seperti buah-buahan segar yang kaya serat.

Kafein dan Alkohol

Ilustrasi Kafein (img: freepik.com)

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman energi, serta minuman beralkohol, dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat memperburuk sembelit dan membuat buang air besar lebih sulit dan menyakitkan. Minumlah air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga hidrasi tubuh dan melancarkan pencernaan.

 

Dengan menghindari jenis-jenis makanan di atas, penderita ambeien dapat mengurangi gejala dan mencegah perburukan kondisi. Penting juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran diet yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing individu.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras
Trending di Kesehatan