Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 28 Jan 2023 18:00 WIB ·

Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak


Img: Pexels/pixabay Perbesar

Img: Pexels/pixabay

Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak –Berbagai olahraga bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan fisik tetapi juga untuk kesehatan mental. Kamu dapat melakukan senam otak yang baik agar otak tetap sehat dan dapat berfungsi secara optimal.

Otak adalah sistem saraf pusat, yang bertanggung jawab untuk mengendalikan tubuh. Sistem saraf ini memungkinkan manusia melakukan berbagai aktivitas seperti berpikir, mengingat, berjalan, bernapas, dan sebagainya. Otak juga mengirimkan sinyal yang memungkinkan organ tubuh berfungsi dengan baik.

Hippocampus adalah bagian otak yang merespons paling kuat terhadap olahraga. Hippocampus adalah bagian otak yang bertanggung jawab untuk penyimpanan memori. Jadi, jika kamu ingin daya ingat tetap tajam, berolahragalah setiap hari. Olahraga telah terbukti meningkatkan suasana hati serta kesehatan otak. Ini mirip dengan manfaat yang dimilikinya untuk manajemen stres. Endorfin diproduksi oleh tubuh selama berolahraga.

Hormon ini bertugas membuat seseorang merasa nyaman dan bahagia. Selanjutnya, setelah berolahraga, amigdala, bagian dari otak, menyusut. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan kecemasan dan ketakutan.

Jenis Olahraga yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak

Aktivitas fisik dapat membantu kamu meningkatkan kesehatan otak. Aktivitas fisik, menurut penelitian, dapat menjaga kesehatan otak dan berfungsi optimal.

Berenang

Berenang dapat membuat jantung, paru-paru, dan darah bekerja lebih keras untuk mengangkut oksigen. Akibatnya, suplai darah dan oksigen ke otak meningkat. Selain itu, berenang membantu mengaktifkan saraf halus di seluruh tubuh, yang dapat meningkatkan kinerja otak.

Yoga

Yoga adalah latihan intensitas rendah yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Peneliti Harvard menemukan bahwa latihan yoga dan tai chi secara teratur dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Orang yang berlatih yoga menjadi lebih tenang dan fokus. Otak juga dapat berfungsi secara optimal.

Bersepeda

Bersepeda telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, memungkinkan pertumbuhan otak yang optimal. Mengendarai sepeda di alam juga dapat membantu merilekskan otak.

Joging

Berlari dapat membantu pembentukan sel-sel baru di hippocampus. Bagian otak ini bertugas untuk mengingat dan mempelajari hal-hal baru. Joging teratur juga akan membantu otak mengatasi stres dan meningkatkan daya ingat.

Aerobik

Latihan aerobik meningkatkan memori spasial dan menurunkan risiko depresi, demensia, dan kecemasan. Sangat bermanfaat bagi kesehatan otak untuk melakukannya sekitar 1,5 jam per minggu.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack