Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 11 Jul 2022 17:40 WIB ·

5 Jurusan Kuliah Terlangka di Indonesia, Ada Jurusanmu?


Img: pixabay.com -  정수 이 Perbesar

Img: pixabay.com - 정수 이

Indonesia memiliki begitu banyak jurusan dalam perkuliahan. Namun, dari ratusan jurusan yang ada, ternyata ada beberapa jurusan yang hanya ada di satu perguruan tinggi, lo. Berbeda dari jurusan-jurusan lain yang ada di hampir tiap perguruan tinggi, 5 jurusan di bawah ini hanya ada di satu perguruan tinggi dari begitu banyak jumlah perguruan tinggi di Indonesia. Wah, kira-kira jurusan apa aja ya yang menjadi jurusan kuliah terlangka di Indonesia? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

 

1. Jurusan Teknik Nuklir

Jurusan kuliah paling langka pertama di Indonesia adalah Jurusan Teknik Nuklir yang hanya ada di Universitas Gadjah Mada atau UGM. Melalui jurusan ini, akan tercetak mahasiswa yang nantinya menjadi pakar nuklir yang unggul dan dunia butuhkan.

 

2. Jurusan Sastra Belanda

Berikutnya ada Jurusan Sastra Belanda yang ada di Universitas Indonesia (UI). Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar mata kuliah terkait sastra, sejarah, budaya, dan linguistik selayaknya jurusan sastra pada umumnya. Nah, meskipun jurusan sastra di Indonesia begitu banyak, nyatanya yang hanya membuka Jurusan Sastra Belanda hanyalah Universitas Indonesia atau UI.

 

3. Jurusan Rekayasa Nanoteknologi

Selanjutnya ada jurusan yang berasal dari Universitas Airlangga atau UNAIR, yaitu Jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Mahasiswa akan mempelajari materi berukuran sangat kecil atau dengan ukuran nano yang nantinya akan masuk ke dalam proses manipulasi untuk menjadi suatu benda baru yang karakteristiknya sesuai keinginan penciptaan.

 

4. Jurusan Astronomi

Yang keempat adalah Jurusan Astronomi yang berada di Institut Teknologi Bandung atau ITB. Pada jurusan ini mahasiswa akan mempelajari materi-materi astronomi, seperti benda langit, kosmologi, dan lain sebagainya. Sampai pada tahun 2022, Institut Teknologi Bandung masih menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki jurusan Astronomi ini. Wah, keren ya!

 

5. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

Kelima, ada jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang Universitas Airlangga atau UNAIR miliki. Jurusan ini fokus pada perpaduan beberapa ilmu sekaligus, yaitu sistem ilmu mekanika, ilmu komputer, dan elektronika. Mahasiswa yang berada di jurusan ini mempelajari pengembangan robotika dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Nah, itulah 5 jurusan kuliah terlangka di Indonesia. Dari kelima jurusan tersebut, adakah yang menjadi jurusan impian kamu? Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya, ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Fungsi Sertifikat UTBK SNBT 2024, Daftar PTN hingga Beasiswa

13 Juni 2024 - 20:37 WIB

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Tips Pulihkan Energi

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game
Trending di Edukasi