Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 31 Mei 2023 18:00 WIB ·

Kaya Protein, Ini 5 Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh


Img: pexels-donsndvl Perbesar

Img: pexels-donsndvl

Kaya Protein, Ini 5 Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh – Daun singkong merupakan salah satu sayuran yang disukai masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, daun singkong juga menjadi santapan di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia hingga Filipina. Selain budidaya yang mudah, daun singkong juga mengandung nutrisi yang beragam. Sayuran ini memiliki protein yang sangat tinggi.

Selain protein, juga terdapat vitamin di dalamnya, seperti vitamin B1, B2, dan C. Beberapa zat baik seperti karotenoid dan mineral, seperti fosfor, magnesium, kalium, dan kalsium juga terkandung dalam daun singkong. Sayur ini juga mengandung zink, zat besi, natrium, mangan, dan tembaga meski tidak terlalu tinggi.

Kaya Protein, Ini 5 Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh

Mengatasi diare

Dalam sayuran ini mengandung etanol yang bersifat antidiare. Hal ini sesuai penelitian terhadap hewan dari Journal of Ayurveda and Integrative Medicine. Penelitian tersebut menghasilkan bahwa hewan yang mengalami diare dapat terbantu ketika diberikan ekstrak daun singkong yang mengandung etanol. Hasilnya, antidiare tersebut dapat mengurangi produksi cairan usus dan motilitas gastrointestinal.

Baik untuk kandungan

Daun singkong mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga baik untuk mencegah anemia terlebih pada ibu hamil. Sebab zat besi sangat baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Ibu hamil harus mengantisipasi anemia selama kehamilan, karena anemia dapat mengganggu kesehatan kandungan pada ibu hamil.

Meningkatkan imun

Daun singkong juga mengandung vitamin C dan folat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mampu melawan bakteri dan virus penyebab penyakit pada tubuh. Sementara folat berguna untuk mengoptimalkan produksi sel menghindari mutasi DNA.

Meningkatkan kekuatan tulang

Kandungan magnesium dalam daun singkong mampu mengoptimalkan kekuatan tulang. Mineral juga dapat mengurangi risiko patah tulang sebab dapat meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan tulang. Melansir Nutrients, magnesium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, sedangkan kekurangan magnesium berisiko mengalami kerapuhan tulang di masa mendatang.

Menjaga berat badan

Untuk kamu yang sedang melakukan program diet untuk menjaga berat badan, daun singkong dapat menjadi pilihan yang tepat. Buatlah daun singkong dengan sedikit garam, hal ini mampu menurunkan nafsu makan, sehingga dapat mengontrol kadar asupan setiap harinya.

 

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Trending di Kesehatan