Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 18 Jun 2022 22:09 WIB ·

3 Kebiasaan Buruk Saat Olahraga Berakibat Fatal Bagi Tubuh, Apa Saja?


3 Kebiasaan Buruk Saat Olahraga Berakibat Fatal Bagi Tubuh, Apa Saja? Perbesar

Olahraga secara teratur adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk tetap sehat. Salah satu manfaat paling signifikan dari latihan fisik adalah peningkatan kesehatan otot dan tulang, pengurangan stres, peningkatan memori, dan peningkatan kualitas tidur.

Namun, semua manfaat ini hanya terjadi jika latihan dilakukan dengan benar. Di sisi lain, jika kamu sering melakukan kesalahan selama latihan, itu akan sangat membahayakan kesehatan.

Di sini, kita akan membahas kebiasaan apa saja saat berolahraga yang berbahaya bagi kesehatan seseorang:

Kurang minum

Cairan berguna untuk melindungi sendi dan menstabilkan tekanan darah dan frekuensi jantung. Selama berolahraga, kamu akan kehilangan air dan elektrolit berupa keringat. Selanjutnya, hal itu menyebabkan asam laktat menumpuk di otot, yang dapat menyebabkan kram otot. Akibatnya, memiliki banyak cairan ke dalam tubuh dapat mengubah latihan yang berpotensi bermanfaat menjadi latihan yang berbahaya.

Menurut Harvard Health Publishing, orang sehat membutuhkan enam sampai delapan cangkir cairan per hari, kebutuhan yang meningkat dengan tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi. Selain minum lebih banyak air, kamu juga dapat mengganti kehilangan cairan dan elektrolit selama berolahraga dengan minum minuman elektrolit sesudahnya.

Tidak memperhatikan teknik yang tepat

Sangat penting untuk mempelajari cara berolahraga dengan benar untuk mencapai hasil yang diinginkan. Postur tubuh yang benar sangat penting, terutama selama latihan kekuatan otot. Seperti yang dijelaskan di situs web Verywell Fit, postur atau teknik yang buruk meningkatkan kemungkinan cedera dan rasa sakit.

Salah satu kesalahan postur yang banyak dilakukan orang bahkan saat berolahraga adalah membiarkan punggung dan bahu terikat. Faktanya, postur tubuh yang kendur dan bahu yang tertekuk membuat kamu berisiko mengalami cedera punggung dan bahu. Dorong diri kamu untuk menarik sedikit ke belakang bahu, jaga agar punggung tetap lurus, dan tanyakan kepada pelatih apa postur yang tepat untuk setiap gerakan.

Tidak makan dengan baik

Hindari melakukan latihan fisik yang intens dengan perut kosong. Menurut Forbes, sangat penting untuk menjadwalkan distribusi makanan dengan benar. Kamu harus makan sesuatu tidak kurang dari 45 menit sebelum berolahraga. Ini akan memberi kamu gula yang kamu butuhkan untuk energi sementara juga mencegah semua darah kamu masuk ke perut untuk mencerna makanan, yang dapat mengganggu suplai oksigen ke otot kamu selama berolahraga.

Seperti mendapatkan bahan bakar yang tepat sebelum balapan, makanlah makanan kaya karbohidrat dan makanan berprotein tinggi seperti biskuit gandum utuh, buah segar, susu kedelai, atau oatmeal. Setelah olahraga, tubuh akan mengalami stres, sehingga perlu mengkonsumsi nutrisi pasca latihan yang akan digunakan sebagai bahan bakar yang tepat untuk pulih dari latihan.

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan