Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 10 Agu 2022 12:00 WIB ·

Simak Kebiasaan Pemicu Gangguan Mental, Salah Satunya Minder!


Img: pexels-liza-summer Perbesar

Img: pexels-liza-summer

Tidak hanya kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental membutuhkan perhatian. Akibatnya, kamu harus mewaspadai berbagai kebiasaan yang bisa memicu gangguan kesehatan mental.

Kesehatan mental mempengaruhi bagaimana orang berpikir, merasa, dan bertindak dalam situasi sehari-hari. Gangguan atau penyakit ini dapat berdampak pada pemikiran, suasana hati, dan perilaku kamu.

Kita sering tidak menyadari bahwa kita melakukan beberapa perilaku yang merugikan diri kita sendiri.

Kamu menempatkan diri kamu pada risiko stres, depresi, kecemasan, dan masalah mental lainnya jika kamu mengulangi tindakan ini apalagi menjadikannya kebiasaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengenali tindakan atau kebiasaan ini sesegera mungkin untuk menghindari masalah mental.

Menurut website Klikdokter, berikut berbagai kebiasaan yang memicu gangguan kesehatan mental:

Kurang tidur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat membantu tubuh kamu meregenerasi sel-sel yang rusak. Tubuh juga akan lebih siap untuk melakukan berbagai aktivitas hari itu jika cukup tidur.

Organ kamu, di sisi lain, tidak dapat berfungsi dengan baik jika kamu kurang tidur. Ini karena kamu tidak membiarkan tubuh kamu secara alami memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh kurang tidur. Studi lain menemukan bahwa jika seseorang tidak cukup tidur secara teratur, ia berisiko mengalami depresi dan gangguan bipolar.

Jadi, jika kamu tidak ingin mengalami masalah kesehatan mental ini, pastikan kamu cukup tidur, idealnya 7-8 jam per malam.

Tidak bijak dalam menggunakan media sosial

Menurut Child Mind Institute, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan dan menurunkan harga diri.

Faktanya, survei terhadap 1500 pengguna Facebook dan Twitter menghasilkan hasil yang serupa. Para peneliti telah menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan perasaan tidak mampu, kesepian, dan iri hati.

Jadi, jika kamu ingin lebih sehat secara mental, mulailah menggunakan media sosial dengan lebih bijak. Sangat penting untuk menetapkan batas waktu untuk penggunaan media sosial. Jangan lupa untuk memfilter atau memilih konten media sosial dan teman-teman kamu.

Tidak percaya diri

Setiap orang memiliki kekurangan; tidak ada orang yang sempurna. Sekalipun kamu memiliki kekurangan, kamu tidak perlu merasa rendah diri dan minder.

Untuk menjaga stabilitas mental kamu, hindari memikirkan kekurangan kamu. Misalnya, jangan terus-menerus membandingkan diri kamu dengan orang lain. Hal seperti ini justru menambah beban mental yang menyebabkan stres atau depresi.

 

Alih-alih berfokus pada kelemahan kamu sendiri, berkonsentrasilah pada kekuatan kamu sendiri. Tingkatkan keterampilan dan minat kamu pada sesuatu.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui

4 Maret 2024 - 18:22 WIB

Manfaat Air Cuci Beras

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun
Trending di Kesehatan