Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 23 Mei 2022 15:00 WIB ·

3 Kegiatan Freelance Untuk Mahasiswa: Yuk Cobain!


Img: freepik.com Perbesar

Img: freepik.com

Sebagai mahasiswa, kita pasti ingin memiliki penghasilan sendiri. Akan tetapi, tidak jarang kita merasa terbatasi karena kita memiliki tanggungan sebagai seorang mahasiswa yang tentunya harus mengerjakan tugas dan kegiatan-kegiatan kampus yang lain. Nah, ada salah satu cara untuk para mahasiswa yang ingin tetap memiliki penghasilan, tetapi juga masih bisa fokus dengan perkuliahan. Yup! Freelancer adalah jawabannya. Nah, berikut adalah 3 kegiatan freelance untuk mahasiswa yang bisa kalian coba.

1. Penulis lepas

Yang pertama ada penulis lepas. Penulis lepas ini tidak hanya berbicara tentang penulis novel ataupun buku-buku sejenisnya, tetapi juga penulis artikel atau konten di media sosial. Pada era ini, website-website yang menyediakan pekerjaan freelance untuk penulis lepas sudah menjamur. Hal itu berarti kita bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang tambahan melalui kegiatan freelance ini. Oh ya, semua kegiatan dalam pekerjaan freelance sebagai penulis lepas pada umumnya bisa dilakukan secara work from home, lho. Hal itu berarti kamu bisa mengerjakan pekerjaan freelance ini pada waktu-waktu di samping waktu perkuliahan. 

2. Tutor/Guru Les

Freelance yang kedua ini cocok sekali buat kamu yang suka mengajar dan menguasai ilmu-ilmu pelajaran tertentu. Nah, bagi kalian yang belum percaya diri untuk menjadi tutor atau guru bimbel untuk SMP atau SMA kalian bisa memulai dengan menjadi tutor untuk anak SD. Karena adanya teknologi yang begitu hebat pada zaman sekarang, kamu tidak perlu 100% melakukan kegiatan ini secara luring, lho. Kamu juga bisa menjadi tutor atau guru les secara online dengan memanfaatkan media video belajar yang lain. 

 

3. Fotografer

Nah, freelance yang ketiga ini sangat cocok untuk kalian yang menyukai dunia fotografi. Freelance sebagai fotografer bisa kalian lakukan dengan memberikan suatu layanan foto produk kepada bisnis-bisnis kecil yang mulai berkembang ataupun bisnis menengah ke atas yang sudah berkembang. 

 

Nah, itulah 3 kegiatan freelance untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Dari ketiga kegiatan tersebut, mana nih yang paling terasa cocok dan mengambil perhatian kamu? Ingat ya, kegiatan freelance yang kamu ambil harus tetap memiliki takaran waktu yang sesuai agar tidak mengganggu waktu perkuliahan. Nah, selain itu untuk kamu yang masih belum tahu harus memilih freelance yang mana, kamu bisa menyesuaikannya dengan kemampuan, bakat, dan minat yang kamu miliki.  Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia agar tidak tertinggal informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 28 kali

Baca Lainnya

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024

12 April 2024 - 19:46 WIB

Aktivitas Yang Di Lakukan

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

6 April 2024 - 23:33 WIB

Trending di Edukasi