Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 25 Mei 2022 12:00 WIB ·

Interview Online? Hati-hati dengan 5 Kesalahan Ini


Img: pixabay.com Perbesar

Img: pixabay.com

Interview merupakan suatu tahapan perekrutan yang cukup ternilai berat untuk sebagian besar orang. Nah, karena pandemi yang melanda selama beberapa tahun terakhir ini, tahapan interview pun berubah menjadi interview online. Walaupun tidak bertemu secara langsung, tetapi bertemu melalui panggilan video online, interview online ini tetap bernilai penting dan sulit, lho! Dalam interview online tersebut, ada beberapa hal yang sering menjadi kesalahan fatal dan menyebabkan sesi interviewmu tidak berjalan lancar. Apa aja ya kira-kira? Check it out!

 

1. Pakaian dan tampilan diri yang tidak formal

Walaupun dilakukan secara online, bukan berarti pakaian yang kita kenakan bisa semau kita. Kita harus tetap menggunakan pakaian yang rapi dan formal, seperti kemeja, blus, ataupun jas. Tidak hanya pakaian, kita juga harus memoles tampilan diri kita selayaknya tengah melakukan interview secara luring. Kemudian, yang paling penting adalah kita juga harus menggunakan bahasa interview yang formal.

 

2. Masalah jaringan

Masalah tersebut bisa memuat paket data yang tiba-tiba habis, WiFi yang bermasalah, ataupun pemadaman listrik dan perubahan cuaca yang turut memengaruhi kekuatan jaringan. Untuk menghindari yang satu ini, pastikan kamu memiliki cadangan paket data apabila kamu menggunakan WiFi. Jadi, apabila terdapat gangguan dengan WiFi-mu, kamu bisa segera menggantinya dengan paket data. Nah, jika kamu menggunakan paket data, selalu cek ketersediaan paket data tersebut beberapa saat sebelum interview dilakukan ya!

 

3. Lingkungan yang tidak kondusif

Permasalahan yang berikutnya adalah lingkungan yang tak kondusif. Dengan lingkungan yang tidak kondusif, interviewmu sudah pasti akan terganggu. Setidaknya jika hal itu tidak memengaruhi fokusmu dalam interview, sudah pasti penginterviu-lah yang akan mengalami kesulitan untuk mendengar atau menangkap maksud dari sesi interview kalian. Karena itulah, sebelum melakukan interview, pastikan lingkunganmu kondusif ya!

 

4. Letak kamera yang tidak benar

Yang berikutnya adalah kesalahan pada letak kamera. Posisikan kameramu hingga komposisi wajah dan tubuh bagian atasmu tampak jelas dan rapi. Hindari menyembunyikan separuh wajah mulai dari hidung ke bawah saat dalam sesi interview, ya! Hal itu akan turut memengaruhi penilaian rekruiter, lho!

 

5. Tidak memahami aplikasi yang digunakan untuk interview

Kesalahan yang berikutnya adalah tidak memahami aplikasi yang digunakan untuk sesi interview. Seperti yang kita pahami bersama, terdapat begitu banyak aplikasi panggilan video yang digunakan dalam sesi interview. Nah, jika kalian belum pernah mencoba mengoperasikan aplikasi tersebut, sangat direkomendasikan untuk mencoba menggunakan aplikasi tersebut 1 hari atau beberapa jam sebelum sesi interview.

 

Nah, itulah 5 kesalahan yang paling sering dilakukan dalam interview online. Dari kesalahan-kesalahan tersebut, pernahkah kalian melakukan salah satunya? Jika pernah, yuk, benahi kesalahan tersebut agar kesalahan itu tidak merusak sesi interview kalian!

Yuk, jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia agar tidak tertinggal informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Manfaat Berlari Di Malam Hari, Bisa Kurangi Stress

12 Juni 2024 - 20:22 WIB

Jurusan Arsitektur: Kenali Seluk Beluknya Sebelum Memilih

3 Juni 2024 - 21:42 WIB

Jurusan Arsitektur

Peluang Karir Bidang Metaverse, Ada Metaverse Storyteller

3 Juni 2024 - 21:06 WIB

Peluang Kerja Bidang Metaverse

Pilihan Prospek Kerja Teknik Sipil, Mana Yang Cocok?

31 Mei 2024 - 22:25 WIB

Tertarik Jurusan Game Application and Technology? Ini Alasannya

31 Mei 2024 - 20:56 WIB

Tertarik Jurusan Game

Tanda Orang Yang Punya Mental Juara, Kamu Salah Satunya?

29 Mei 2024 - 23:09 WIB

Trending di Edukasi