Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 24 Apr 2022 10:00 WIB ·

Interview HRD Vs Interview User, Apa Bedanya?


Interview HRD Vs Interview User. (Img: Google) Perbesar

Interview HRD Vs Interview User. (Img: Google)

Interview atau wawancara menjadi tahapan penting dalam rangkaian proses rekruitmen pekerjaan ataupun program magang. Sebagai seorang fresh graduate, pekerja, pencari pekerjaan, atau bahkan mahasiswa yang kuliah sembari bekerja, istilah interview ini pasti sudah tidak asing lagi. Tujuan dari interview sendiri adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang diri pelamar atau calon pekerja. Nah, dalam proses interview itu, interview dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu interview HRD dan interview user.  Akan tetapi, banyak yang belum mengetahui apa perbedaan interview HRD dan interview user. Berikut adalah penjelasan terkait interview HRD Vs interview user dan apa saja perbedaannya!

 

Interview HRD

Interview HRD. (Img: Google)

Interview HRD ialah tahapan interview yang paling awal. Pada umumnya, kandidat melakukan interview HRD lebih dahulu sebelum interview user. Biasanya setelah seorang kandidat melewati proses atau tahap seleksi berkas dan tes-tes wajib lain, maka tahapan berikutnya adalah interview HRD ini. Singkatnya, kandidat melakukan interview HRD setelah melewati proses penyaringan awal.

Dalam proses interview HRD ini pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan adalah seputar latar belakang dan kesesuaiannya dengan CV atau resume yang kandidat kirimkan, pengetahuan kandidat mengenai pekerjaan dan perusahaan, dan pertanyaan-pertanyaan umum lain yang akan digunakan HRD untuk lebih mengenal kandidat.

Pada interview HRD ini softskill yang baik akan sangat membantu kamu untuk melewatinya dengan baik, lho!

 

Interview User

Interview User. (Img: Google)

Istilah user mungkin belum terlalu familier untuk untuk sebagian besar orang. Namun, secara sederhana user ini adalah atasan atau calon atasan pada pekerjaan yang kandidat lamar. Jadi, interview user sama artinya dengan interview bersama calon atasan.

Kemudian, hanya kandidat yang lolos dari tahapan interview HRD yang akan melalui tahapan interview user ini. Biasanya, interview user akan lebih banyak menguras pengetahuan teknis seputar posisi dan perusahaan yang kamu lamar.

Dalam interview user, biasanya user akan meminta kandidat untuk menceritakan pengalaman-pengalaman kerja atau kegiatan organisasi dan sejenisnya yang berhubungan dengan hardskill serta softskill yang dimiliki oleh kandidat. Tidak hanya itu, biasanya user juga akan meminta kandidat untuk memaparkan permasalahan apa saja yang pernah kandidat alami di pengalaman kerja atau organisasi dan bagaimana cara kandidat tersebut menyelesaikannya.

 

Nah, itulah penjelasan terkait Interview HRD Vs interview user dan apa saja perbedaannya.  Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024

12 April 2024 - 19:46 WIB

Aktivitas Yang Di Lakukan

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

6 April 2024 - 23:33 WIB

Trending di Edukasi