Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 3 Jan 2023 12:00 WIB ·

Ketahui Manfaat Kolagen Bagi Tubuh, Perlambat Pembentukan Uban


Img: Pexels/Mikhail-Nilov- Perbesar

Img: Pexels/Mikhail-Nilov-

Ketahui Manfaat Kolagen Bagi Tubuh, Perlambat Pembentukan Uban -Kolagen (collagen) adalah sejenis protein berserat dan tidak larut yang banyak terdapat dalam tubuh manusia. Protein ini adalah penyusun utama kulit, rambut, urat, dan jaringan ikat, memberikan struktur dan kekuatan.

Kolagen juga terdapat di bagian tubuh lain, seperti pembuluh darah, kornea mata, dan gigi. Seolah-olah kolagen adalah perekat yang menyatukan tubuh.

Ada sejumlah sel khusus di dalam lapisan kulit yang menghasilkan struktur molekul mini yang dikenal sebagai pro-kolagen. Struktur molekul ini terdiri dari vitamin C dan protein yang telah terserap oleh tubuh.

Selama proses pembuatan, molekul pro-kolagen tunggal berinteraksi satu sama lain dan membentuk fibril. Fibril adalah serat halus yang tersusun atas mineral dan vitamin dengan bentuk menyerupai benang serat.

Tubuh dapat memproduksi kolagen secara teratur. Namun, kemampuan ini akan terus menurun seiring bertambahnya usia. Paparan sinar matahari, zat yang berasal dari polusi, dan keengganan untuk merokok semuanya dapat menghambat produksi kolagen.

Fungsi kolagen tidak terbatas pada kulit saja, tetapi juga pada bagian tubuh lainnya. Tidak banyak penelitian tentang kolagen, tetapi beberapa peneliti mengatakan bahwa manfaat kolagen dapat meliputi hal-hal berikut:

Ketahui Manfaat Kolagen Bagi Tubuh, Perlambat Pembentukan Uban

Mengurangi selulit

Selulit muncul ketika jaringan adiposa bermigrasi melalui serat ke lapisan atas kulit. Akibatnya, kulit tampak tidak terkendali, dengan konsistensi yang tidak terkendali.

Keunggulan lain suplemen kolagen adalah dapat mengurangi selulit dari dalam tubuh. Protein ini bekerja dengan cara mempercepat perbaikan dan regenerasi sel kulit yang rusak.

Menyembuhkan luka

Kolagen penting untuk pertumbuhan kembali dan rekonstruksi jaringan ikat untuk mendukung perkembangan otot, kulit, dan tulang yang kuat. Protein ini juga penting untuk struktur tulang, tulang rawan, dan ligamen.

Kolagen tampaknya memiliki manfaat untuk jaringan otot juga. Suplemen kolagen membantu mempercepat pemulihan jaringan otot dan kulit, sehingga membantu kamu pulih dengan cepat dari cedera olahraga.

Menjaga kekuatan rambut

Berbagai jenis asam amino penyusun kolagen menghasilkan keratin. Keratin adalah protein utama yang menyusun rambut. Dengan meningkatkan produksi kolagen, kamu bisa mendapatkan asam amino yang akan membantu kamu melawan kerontokan rambut.

Memperlambat munculnya uban

Karena sifat anti-oksidannya, kolagen dianggap berpotensi memperlambat pembentukan uban. Ini karena, sementara faktor genetik mempengaruhi pembentukan uban, radikal bebas juga bisa mempercepat prosesnya.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

 

 

Komentar
Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan