Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 19 Mei 2022 19:00 WIB ·

Eits! Ini 3 Keuntungan Menjadi Mahasiswa Kupu-Kupu


Img: freepik.com Perbesar

Img: freepik.com

Dalam dunia perkuliahan mahasiswa dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yang salah satunya adalah mahasiswa kupu-kupu. Mahasiswa kupu-kupu adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada mahasiswa yang tidak aktif dalam kegiatan organisasi di dalam kampus. Mahasiswa jenis ini cenderung hanya fokus pada perkuliahan yang ia jalani. Karena itulah, banyak anggapan buruk mengenai mahasiswa kupu-kupu identik dengan mahasiswa yang kurang bergaul. Eits, tetapi hal itu tidak sepenuhnya benar, lho. Berikut adalah 3 keuntungan mahasiswa kupu-kupu yang bisa kamu dapatkan!

1. Memiliki waktu lebih untuk mempelajari materi perkuliahan

Sebagai mahasiswa kupu-kupu yang tidak memiliki kesibukan lain di dalam perkuliahan, kamu berkesempatan untuk memiliki waktu lebih banyak dalam mempelajari materi-materi perkuliahan. Kamu dapat memanfaatkan keuntungan untuk lebih aktif di dalam kelas, lho. Keaktifan itu bisa kamu lakukan dengan sering bertanya kepada dosen, bertanya dalam presentasi mahasiswa lain, ataupun memaksimalkan penampilan diri sebagai presentator saat presentasi.

2. Mengisi waktu luang dengan kegiatan di luar kampus

Nah, selain bisa lebih fokus dengan perkuliahan, manfaat lain yang dapat kamu miliki sebagai mahasiswa kupu-kupu adalah mengisi waktu luang dengan kegiatan di luar kampus yang bermanfaat. Kegiatan di luar kampus itu dapat berupa kegiatan volunteer, part time, magang, ataupun bekerja secara full time. Dengan kegiatan-kegiatan seperti itu, maka waktu luang yang kamu miliki tidak akan terbuang sia-sia. Selain mendapatkan pengalaman kamu juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat lain dari kegiatan-kegiatan tersebut.

3. Membangun relasi di luar kampus

Manfaat yang berikutnya adalah kamu bisa membangun relasi di luar kampus dengan orang-orang yang kamu jumpai melalui kegiatan-kegiatan di luar kampus. Nah, jika kamu tidak mengikuti kegiatan seperti magang, part time, ataupun volunteer kamu juga bisa membangun relasi melalui media sosial seperti LinkedIn. Dengan cara ini walaupun kamu tampak tidak banyak bergaul dengan orang-orang di dalam kampus, tetapi relasi yang kamu miliki tidak dapat dipandang sebelah mata. 

 

Nah, itulah 3 keuntungan mahasiswa kupu-kupu. So, sudah memutuskan belum untuk calon maba, mahasiswa tipe apa yang akan kamu pilih sebagai diri kamu di perkuliahan nanti? Ingat ya tiap tipe mahasiswa pun memiliki manfaat dan kekurangannya masing-masing tergantung bagaimana cara kamu me-management waktu yang kamu miliki. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 20 kali

Baca Lainnya

Hal-Hal Yang Perlu Dipahami Pada Jurusan PGSD

11 Juli 2024 - 07:11 WIB

Tertarik Dunia Politik? Berikut 5 Jurusan Kuliah Yang Bisa Dipilih

9 Juli 2024 - 14:07 WIB

Manfaat Pendidikan Politik

Lulusan Manajemen Jadi Pebisnis, Berikut Tipsnya!

6 Juli 2024 - 21:41 WIB

Lulusan Manajemen jadi pebisnis

Apa itu Pasar Monopoli? Kenali Ciri-Cirinya Hingga Kekurangannya

2 Juli 2024 - 21:27 WIB

Apa itu pasar monopoli

Ide Pokok: Pahami Cara Menentukan hingga Ciri-Ciri

2 Juli 2024 - 20:09 WIB

Ide pokok

Apa Itu Intrapreneurship: Kenali Peran Hingga Strategi

1 Juli 2024 - 20:34 WIB

Apa iti intrapreneurship
Trending di Edukasi