Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 19 Mei 2022 13:00 WIB ·

3 Tipe Mahasiswa: Kamu yang Mana?


Img: rencanamu.id Perbesar

Img: rencanamu.id

Dalam dunia perkuliahan kita pasti akan bertemu dengan berbagai jenis mahasiswa yang beranekaragam. Akan tetapi, pernahkah kamu mengklasifikasikan mereka dalam beberapa tipe tertentu? Nah, pemaparan kali ini akan berhubungan dengan tipe-tipe mahasiswa yang ada dalam dunia perkuliahan, lho. Wah, apa aja ya kira-kira?

 

1. Mahasiswa Kupu-kupu

Istilah yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kita semua. Mahasiswa kupu-kupu atau mahasiswa kuliah pulang kuliah pulang adalah istilah yang merujuk pada mahasiswa yang tidak aktif dalam kegiatan organisasi maupun kegiatan lain dalam kampus selain perkuliahan. Jadi, yang dilakukan oleh mahasiswa kupu-kupu ini hanyalah kuliah lalu setelah selesai dengan kuliahnya akan segera pulang.

Eits, tetapi bukan berarti mahasiswa kupu-kupu ini adalah mahasiswa yang tidak punya kesibukan lain selain kuliah, lho. Bisa saja kesibukan mereka ada di luar kegiatan kampus. Jadi, bisa saja seorang mahasiswa kupu-kupu yang tampak tidak aktif di dalam kegiatan perkuliahan, ternyata mereka aktif dalam berbagai kegiatan di luar kampus. 

 

2. Mahasiswa Kura-kura

Nah, berbanding terbalik dengan mahasiswa kupu-kupu, mahasiswa kura-kura adalah istilah yang merujuk pada mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan organisasi dalam kampus. Oleh karena itu, penamaannya adalah kura-kura atau kuliah rapat kuliah rapat. Mahasiswa kura-kura ini biasanya nampak begitu sibuk hingga tak jarang mereka mengabaikan kepentingan dalam perkuliahan.

Namun, tidak semua mahasiswa kura-kura seperti ini, lho. Ada juga mahasiswa kura-kura yang tetap fokus pada perkuliahannya sehingga kehidupan perkuliahan dan organisasi mereka terdapat suatu balance yang baik. Biasanya mahasiswa kura-kura akan sangat membutuhkan time management yang ekstra karena mereka harus membagi kesibukan perkuliahan dan organisasi yang mereka ikuti. 

 

3. Mahasiswa Kuman-kuman

Yang terakhir adalah mahasiswa kuman-kuman atau kuliah main kuliah main. Cukup berbeda dengan dua istilah sebelumnya, yaitu mahasiswa kupu-kupu dan kura-kura, mahasiswa kuman-kuman ini tidak begitu aktif di kegiatan organisasi maupun kegiatan lain dalam perkuliahannya sendiri. Jadi, yang menjadi prioritas dari mahasiswa jenis kuman-kuman ini adalah kegiatan sosialisasi dan interaksinya bersama orang-orang di luar perkuliahan. Jangan anggap kegiatan interaksi ini buruk ya! Dengan adanya interaksi dan sosialisasi yang baik dengan sesama mahasiswa ataupun orang-orang yang memiliki manfaat untuk diri kita ini sama saja dengan memperluas networking kita, lho.

Dengan mengenal banyak orang khususnya orang-orang yang akan memberi dampak baik pada diri kita, hal ini sama saja dengan membangun sebuah relasi yang baik untuk masa depan kita. Akan tetapi, ada yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa kuman-kuman, yaitu kegiatan bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang-orang itu harus dibarengi dengan niat yang kuat untuk perkuliahan. Setidaknya setelah relasi kita berhasil bangun dengan baik, kita pun akan dapat segera lulus dari perkuliahan dan segera membangun karier di dunia kerja profesional.

 

Nah, itulah tiga tipe mahasiswa. Dari tiga tipe mahasiswa tersebut, kamu bagian yang mana nih? Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah, Ini Penyebabnya!

1 Maret 2024 - 22:08 WIB

Bekerja Tidak Sesuai Jurusan

Mengenal Istilah Silent Layoff, Istilah Yang Populer di Dunia Kerja

1 Maret 2024 - 21:28 WIB

Silent Layoff

Ide Ngabuburit Yang Cocok Dilakukan Saat Bulan Puasa

29 Februari 2024 - 21:08 WIB

Manfaat Mengikuti Volunteer Untuk Mahasiswa

26 Februari 2024 - 21:53 WIB

Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

26 Februari 2024 - 20:39 WIB

Ide ngabuburit

Apa itu Bootcamp? Kenali Manfaat dan Bedanya dengan Kuliah

19 Februari 2024 - 21:24 WIB

Apa itu Bootcamp
Trending di Edukasi