Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 12 Okt 2022 18:00 WIB ·

Intip Khasiat Bunga Matahari Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui


Img: Pexels/Designecologist Perbesar

Img: Pexels/Designecologist

Khasiat bunga matahari bagi kesehatan — Bunga secara luas diakui sebagai simbol keindahan dan romansa. Namun, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa bunga telah banyak digunakan oleh masyarakat sejak zaman dahulu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Seiring berjalannya waktu, berbagai jenis bunga yang bermanfaat untuk kesehatan kulit digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai produk kecantikan mulai dari perawatan kulit hingga make-up. Bunga matahari merupakan bunga yang terkenal akan manfaat kesehatan dan kecantikannya. Biji bunga matahari tinggi protein, karbohidrat, dan vitamin E, B1, B3, B6, asam folat, magnesium, seng, tembaga, fosfor, dan zat besi. Karena kandungan nutrisinya yang tinggi, kamu bisa menuai banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Berikut khasiat bunga matahari menurut Healthline:

Mencegah peradangan

Efektivitas bunga matahari pertama dalam mencegah peradangan. Peradangan adalah penyakit terkenal yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyakit ini memiliki gejala seperti nyeri, panas, dan bengkak pada daerah yang terkena. Jika gejala ini tidak segera kamu obati, mereka dapat menyebabkan perkembangan penyakit kronis seperti tumor. Biji bunga matahari mengandung senyawa yang efektif mengurangi peradangan. Peradangan dapat kamu kurangi dengan konsumsi biji bunga matahari empat sampai lima kali per minggu.

Menurunkan risiko kanker

Bunga matahari tidak hanya baik untuk kesehatan otak, tetapi juga menurunkan risiko kanker. Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia, seperti yang banyak orang ketahui. Oleh karena itu, upaya pencegahan harus kita mulai sedini mungkin. Mengkonsumsi biji bunga matahari secara rutin merupakan salah satu alternatif metode pencegahan kanker.

Biji bunga matahari mengandung selenium, yang dapat membantu penghancuran sel kanker. Ini akan membuat kamu terhindar dari kanker. Selanjutnya, mengkonsumsi kuaci secara teratur membantu perbaikan sel DNA yang rusak.

Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini

Manfaat bunga matahari tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga dapat berguna untuk meningkatkan kecantikan kulit. Salah satu manfaat kecantikan bunga matahari adalah dapat mencegah penuaan dini. Hal ini terkait erat dengan adanya vitamin E, antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan efek negatif sinar matahari, seperti penuaan dini dan kerutan.

Baik untuk otak

Khasiat bunga matahari berikut ini bermanfaat untuk kesehatan otak. Karena bunga matahari mengandung triptofan, yang terkandung dalam bijinya, mereka dapat menghasilkan serotonin, yang meningkatkan kinerja otak.

Bunga matahari juga mengandung kolin, yang membantu meningkatkan daya ingat dan penglihatan. Alhasil, mengkonsumsi kuaci secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan otak.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 81 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur
Trending di Kesehatan