Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 27 Jun 2022 12:00 WIB ·

5 Khasiat Kunyit Bagi Kesehatan, Mampu Mengurangi Nyeri Haid


Img: Pexels/Karl Solano Perbesar

Img: Pexels/Karl Solano

Perlu kamu ketahui bahwa manfaat kunyit bagi tubuh dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit ringan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kunyit kuning banyak digunakan sebagai bumbu dasar masakan, teh, dan jamu.

Kunyit mengandung banyak senyawa yang meningkatkan kesehatan. Curcumin, sesmethoxycumin, bisdesmethoxycurcumin, regimen, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, besi, fosfor, kalsium, dan minyak atsiri adalah beberapa contohnya.

Dengan kandungan yang begitu banyak bermanfaat, ada baiknya untuk mengkonsumsi kunyit secara teratur dengan dosis yang sesuai. Yuk simak penjelasan daftar manfaat kurkumin pada kunyit untuk kesehatan!

Meningkatkan imun tubuh

Kunyit mengandung kurkumin, yang membantu daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri penyebab penyakit lebih diperkuat daripada membunuh langsung kuman tersebut.

Karena adanya zat anti-catarrhal, minum air kunyit kuning secara teratur juga dapat membantu melawan virus yang menginfeksi saluran pernapasan.

Mengurangi radang

Kurcumin, komponen kunyit, adalah antioksidan dengan sifat anti-inflamasi. Kurcumin ditemukan di sekitar 200 miligram (mg) kunyit.

Zat aktif ini membantu penghambatan enzim dan sitokin yang dapat menyebabkan inflasi tubuh. Akibatnya, dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar kortisol di kelenjar adrenal tubuh.

Mengurangi mual

Kunyit mengandung kurkumin, yang memasuki aliran darah manusia dan mengurangi tekanan perut. Tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega setelah mengkonsumsi kunyit sehingga mengurangi rasa mual.

Karena kandungan piperinnya, hasil mengatasi mual akan lebih maksimal dan lebih cepat jika kamu mengkombinasikan air kunyit dengan lada hitam.

Mengurangi perut kembung

Kelebihan gas merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dengan perut kamu. Kunyit dapat membantu kelancaran gerakan otot-otot di saluran pencernaan.

Kurkumin kunyit mengurangi tekanan gas di perut dan membantu perut berhenti memproduksi terlalu banyak asam.

Mengurangi nyeri haid

Bagi kamu yang sedang mengalami menstruasi, perut sering terasa sakit dan menyulitkan untuk beraktivitas. Wanita Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri haid.

Jamu kunyit asam bukanlah mitos; justru bisa meredakan nyeri haid. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendurkan kontraksi rahim sehingga menyebabkan kram perut.

Kunyit juga mengurangi masuknya ion kalsium ke dalam sel epitel rahim dan produksi prostaglandin, hormon penyebab nyeri.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack