Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 29 Jul 2022 12:00 WIB ·

Ini 5 Khasiat Mandi Air Dingin untuk Tubuh


Img: pexels-jonathan-andrew Perbesar

Img: pexels-jonathan-andrew

Setiap orang memiliki kebiasaan mandi yang berbeda; ada yang terbiasa mandi air panas atau air dingin. Meskipun dengan air hangat lebih nyaman daripada dengan air dingin, menggunakan air dingin ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho! Yuk, simak ulasan berikut tentang manfaat mandi air dingin untuk kesehatan:

Meredakan gejala depresi

Manfaat pertama menggunakan air dingin, menurut laman Alodokter, dapat membantu meredakan gejala depresi. Menurut sebuah penelitian, menggunakan air dingin selama 5 menit setiap 2 hingga 3 hari dapat membantu meredakan gejala depresi atau stres. Saat kamu mandi air dingin, tubuh kamu melepaskan endorfin, yang bisa membuat kamu bahagia.

Mendukung sistem kekebalan

Menurut laman YesDok, manfaat mandi air dingin selanjutnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena air dingin juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Mandi air dingin telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dalam aliran darah, sehingga merangsang respons kekebalan yang lebih kuat dan lebih baik.

Menghaluskan rambut dan kulit

Manfaat air dingin yang ketiga, menurut laman Hellosehat yaitu dapat membantu menghaluskan rambut dan kulit, karena mandi air dingin merupakan salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Air panas menghilangkan minyak alami dari kulit dan mengeringkannya. Sementara itu, air dingin dapat mengencangkan kutikula rambut dan kulit dengan menyempitkan pembuluh darah untuk sementara saat tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu. Kutikula dan pori-pori yang mengencang pada kulit dapat menjaga kotoran dan elemen berbahaya lainnya dari menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala.

Mandi air dingin juga dapat membuat rambut terlihat lebih berkilau, kuat, dan sehat dengan meratakan dan memperkuat folikel rambut.

Mengatasi lelah

Keuntungan lain menurut laman DoctorSehat, ini dapat membantu kamu mengatasi rasa lelah. Cobalah memasang shower dengan air dingin. Mandi air dingin dipercaya dapat membantu kamu pulih dari kelelahan. Air dingin dapat membantu meredakan nyeri otot dan peradangan.

Mengatasi susah bangun tidur

Menurut laman Alodokter, manfaat terakhir menggunakan air dingin adalah membantu kamu lebih mudah bangun. Jika kamu termasuk orang yang sulit untuk bangun di pagi hari, cobalah mandi dengan air dingin.

Saat kamu terkena suhu dingin, tubuh kamu akan bereaksi dengan meningkatkan detak jantung dan asupan oksigen kamu. Hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi waspada dan siap untuk bangun.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan