Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 28 Okt 2022 12:00 WIB ·

Khasiat Susu Kedelai Bagi Kesehatan


Img: Pexels/Polina-Tankilevitch Perbesar

Img: Pexels/Polina-Tankilevitch

Khasiat Susu Kedelai Bagi Kesehatan –Susu kedelai adalah pengganti susu bagi mereka yang tidak toleran laktosa atau tidak dapat mencerna laktosa. Susu kedelai bukan hanya alternatif; juga mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut WebMD, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam susu kedelai dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Vitamin B, misalnya, membantu tubuh menjaga sel saraf dan DNA. Vitamin ini juga bermanfaat dalam pencegahan anemia dan kelelahan.

Khasiat susu kedelai bagi kesehatan

Meningkatkan kesehatan otak

Susu kedelai mengandung asam lemak omega-3, yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam lemak omega-3 bermanfaat bagi kesehatan dan fungsi otak. Asam lemak ini juga dikaitkan dengan risiko demensia dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

Dua kondisi medis yang sama-sama menyebabkan hilangnya ingatan pada pasien. Meskipun penelitian lebih lanjut tentang hubungan antara susu kedelai dan demensia dan penyakit Alzheimer diperlukan, kedelai adalah salah satu sumber omega-3 non-hewani terbaik.

Menjaga kesehatan jantung

Menurut Healthline, manfaat kesehatan susu berikut ini berkaitan dengan sistem kardiovaskular atau peredaran darah. Makanan nabati ini tinggi potasium atau potasium, mineral yang dibutuhkan tubuh. Kalium terkait dengan menjaga tekanan darah dan denyut nadi normal. Mineral ini berkontribusi pada kemampuan jantung untuk memompa darah secara memadai.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Susu kedelai, seperti susu pada umumnya, mengandung kalsium yang tinggi.

Kalsium adalah nutrisi yang penting untuk pembentukan dan metabolisme tulang. Mineral ini juga penting dalam perkembangan jaringan keras pada gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup, tulang menjadi lebih padat dan kuat, sehingga menurunkan risiko osteoporosis. Tidak hanya itu, minum susu kedelai yang kaya kalsium membantu menjaga kesehatan gigi.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, merupakan faktor risiko penyakit jantung. Dalam beberapa kasus, hipertensi bisa menyebabkan pembuluh darah di ginjal menyempit sehingga mengganggu aliran nutrisi ke ginjal. Akibatnya, sel-sel ginjal rusak, menyebabkan penyakit ginjal.

Sebuah penelitian yang terbit dalam American Journal of Hypertension (2014) membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam hal penurunan tekanan darah. Hasilnya, pada penderita hipertensi ringan hingga sedang, susu kedelai menurunkan tekanan darah lebih baik daripada susu sapi.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan