Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 27 Mei 2022 10:00 WIB ·

Selain Pecel Pitik, Ini Lho 5 Kuliner Khas Banyuwangi


Img: masakapahariini.com Perbesar

Img: masakapahariini.com

Menjelajahi tiap kota di Indonesia memang merupakan kesempatan yang luar biasa. Namun, jangan gunakan kesempatan itu hanya untuk menjelajah keindahan alam serta budayanya. Gunakan pula kesempatan itu untuk mencicipi kekayaan kuliner daerah yang kamu jelajahi tak terkecuali Banyuwangi. Kabupaten yang berada di paling ujung pulau Jawa ini memiliki begitu banyak kuliner yang patut kamu coba setidaknya sekali dalam seumur hidup. Nah, seperti yang kita ketahui bersama, kuliner yang paling populer dari Banyuwangi ini adalah pecel pitik. Namun, tahukah kamu bahwa tidak hanya pecel pitik, Banyuwangi juga memiliki segudang kuliner yang tak kalah menggugah selera, lho. Nah, apa aja ya? Yuk, simak penjelasannya pada pemaparan berikut.

 

1. Pindang Koyong

Img: cookpad.com

Makanan berbahan dasar ikan ini biasanya menyajikan ikan tongkol atau tenggiri sebagai primadona utamanya. Pemilihan jenis ikan untuk pindang koyong ini adalah dengan tujuan agar daging ikan tidak hancur atau rusak saat proses pemasakan. hal itu dikarenakan proses pemasakan kuliner bernama pindang koyong ini cukup memakan waktu yang lama jadi apabila salah memilih ikan maka hasil yang kita dapatkan tidak akan seperti yang seharusnya nah pindang koyong ini diolah menggunakan kuah bumbu kuning dengan campuran belimbing wuluh serai jahe dan daun jeruk.

 

2. Sego kalak

Img: merahputih.com

Kuliner khas Banyuwangi yang selanjutnya adalah sego kalak atau nasi campur khas Banyuwangi. Seperti namanya, sego kalak atau nasi campur ini memiliki begitu banyak lauk di dalamnya, mulai dari suwiran ayam pedas, serundeng, wortel, mie, hingga bakwan jagung ada di sini. Nah, lauk-lauk itu juga lengkap dengan nasi dan sambal kalak yang terbuat dari terasi.

 

3. Rujak Soto

Img: masakapahariini.com

Sama seperti namanya, kuliner yang satu ini adalah perpaduan dari dua kuliner, yaitu rujak dan soto. Terdapat daging sapi, ayam, atau babat sebagai perwakilan dari soto. Kemudian, rujak soto juga lengkap dengan irisan timun, tempe, tauge, daun turi, kangkung, dan lontong. Nah, olahan ini kemudian dipadukan dengan campuran sambal kacang dan petis.

 

4. Pecel Rawon

Img: merahputih.com

Makanan yang satu ini memang memiliki nama yang unik. Namun, kuliner ini memang merupakan perpaduan dari pecel dan rawon, lho. Sama seperti namanya, penyajian dari pecel rawon ini juga cukup unik, yaitu dengan menyiram nasi dengan kuah dan daging rawon lalu ditambah dengan sayuran dan sambal kacang khas pecel.

 

5. Sego Tempong

Img: sajiansedap.grid.id

Makanan khas Banyuwangi yang ini merupakan makanan yang berupa nasi yang dalam penyajiannya lengkap dengan aneka lauk pauk. Lauk pauk itu ada mulai dari tahu, tempe, hingga ikan jambal. Selain itu, sego tempong juga lengkap dengan sayur-sayuran, seperti kubis, bayam, kemangi, dan lain sebagainya.

 

Nah, itulah 5 kuliner khas Banyuwangi yang wajib kalian cicipi saat berkunjung ke The Sunrise of Java ini! Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 42 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner