Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 18 Mei 2022 12:00 WIB ·

Yuk, Simak 5 Fakta Unik Banyuwangi The Sunrise of Java


Img: surabaya.kompas.com Perbesar

Img: surabaya.kompas.com

Siapa yang tidak mengenal Banyuwangi? Kabupaten di ujung Pulau Jawa ini menyimpan begitu banyak kekayaan alam dan budaya. Selain populer dengan kuliner khasnya, yakni pecel pitik, Banyuwangi juga terkenal dengan wisata-wisata alamnya yang luar biasa. Nah, dari semua kekayaan alam, budaya, dan kuliner yang Banyuwangi miliki, tahukah kamu bahwa Kabupaten yang bergelar The Sunrise of Java ini memiliki fakta-fakta unik dan menarik? Yuk, simak 5 fakta unik Banyuwangi!

 

1. Dijuluki sebagai The Sunrise of Java

Sebagai Kabupaten yang ada di paling ujung dari pulau Jawa tepatnya ujung timur pulau Jawa, Banyuwangi mendapatkan julukan sebagai The Sunrise of Java. 

 

2. Merupakan kabupaten terluas di Pulau Jawa

Dengan luas yang mencapai 5.782,50 kilometer dan melebihi luas Pulau Bali 5.636,66 kilometer, Banyuwangi menjadi kabupaten terluas di pulau Jawa. Di bagian utara, Banyuwangi berbatasan dengan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso. Kemudian, di bagian barat Banyuwangi berbatasan langsung dengan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Jember.

 

3. Memiliki ratusan festival

Selain dikenal dengan kekayaan kuliner dan wisata alamnya yang luar biasa, Banyuwangi juga memiliki ratusan festival yang diselenggarakan tiap tahunnya. Salah satunya adalah Banyuwangi Festival atau B-Fest. B-Fest merupakan festival tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk memeringati hari jadi Kabupaten Banyuwangi. Rentang waktu penyelenggaraan festival ini umumnya adalah pada bulan Oktober hingga Desember.

Selain B-Fest, Banyuwangi juga memiliki festival-festival lainnya yang antara lain adalah festival budaya nusantara, festival angklung caruk, festival pengantin nusantara, Banyuwangi Art Week, dan masih banyak lagi.

 

4. Gudangnya tradisi

Kekayaan kebudayaan yang Banyuwangi miliki menyebabkan adanya begitu banyak tradisi di kabupaten yang ada di ujung timur pulau Jawa ini. Tradisi-tradisi itu antara lain adalah upacara adat dan kesenian tradisional seblang, rebo wekasan, kebo-keboan, puter kayun, dan masih banyak lagi.

 

5. Tingginya angka perceraian

Pada tahun 2021 angka perceraian di Kabupaten Banyuwangi mencapai 7.405 perkara dengan rincian cerai talak sebanyak 1.809 dan cerai gugat sebanyak 4.085 perkara. Angka tersebut membawa Banyuwangi sebagai kabupaten dengan angka perceraian tertinggi nomor 2 di Jawa Timur setelah Surabaya. Lalu, dalam tingkat nasional, angka perceraian di Banyuwangi menduduki urutan ketiga tertinggi.

 

Nah, itulah 5 fakta unik Banyuwangi. Dari kelima fakta tersebut mana nih yang membuat kamu lebih mengenal Banyuwangi? Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 54 kali

Baca Lainnya

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan

Fakta Unik Kopi Luwak Yang Perlu di Ketahui.

2 September 2023 - 14:18 WIB

5 Fakta Unik Bolivia, Negara dengan Tanah Tertinggi di Dunia

16 Juli 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

5 Juni 2023 - 18:00 WIB

Intip 5 Fakta Unik Tentang Otak Manusia

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

25 Mei 2023 - 12:00 WIB

4 Fakta Unik Sistem Pendidikan China yang Modern

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater

23 Mei 2023 - 18:00 WIB

Tidak Sama, Ketahui Perbedaan Psikolog dan Psikiater
Trending di Fun Facts