Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 9 Mei 2022 12:00 WIB ·

Tengok 5 Kuliner Khas Surabaya, Dijamin Nagih!


Img: Kompas.com Perbesar

Img: Kompas.com

Berlibur ke Kota Pahlawan pasti akan merugikan jika tidak mencicipi kuliner khasnya yang beraneka ragam. Mulai dari makanan berkuah hingga jenis-jenis lontong yang populer, Surabaya menjadi gudangnya makanan legendaris yang wajib dicoba. Tidak hanya saat berlibur, kalian juga bisa menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner khas Surabaya saat mampir ke kota ini. Nah, tanpa lama-lama lagi, yuk, tengok 5 kuliner khas surabaya yang pasti bikin nagih!

 

1. Lontong Balap

Img: Kompas.com

Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi kita semua khususnya untuk para pecinta kuliner nusantara. Lontong balap ialah salah satu kuliner khas Surabaya yang berasal dari olahan lontong dengan berbagai ciri khasnya. Ciri khas tersebut antara lain adalah adanya letho atau tempe dengan tekstur keras yang dihaluskan yang kemudian bergabung dalam penyajian lontong balap. Kemudian, penyajian lontong balap juga lengkap dengan bawang goreng, sambal, kecap, tahu goreng, tauge, dan kuah yang berupa campuran air kaldu dengan bumbu yang khas.

 

2. Soto Gubeng

Img: Kompas.com

Mendengar nama Gubeng, pasti yang terlintas di kepala kita adalah nama stasiun besar di kota Surabaya. Eits, jangan salah, ternyata nama soto gubeng juga memiliki hubungan dengan nama stasiun di Kota Pahlawan ini, lho. Yup! Benar sekali, nama soto gubeng merupakan inspirasi dari nama Stasiun Gubeng.

Nah, soto gubeng ialah hidangan soto khas Surabaya yang memiliki sejarah yang menarik. Soto yang sudah ada sejak zaman Belanda ini berbahan dasar ayam dan daging sapi dengan kuah yang memiliki citarasa khas. Citarasa itulah yang berhasil memikat banyak masyarakat yang pada akhirnya menjadi peminat soto yang satu ini.

 

3. Lontong Kupang

Img: Mengenalindonesia.com

Lontong kupang ialah kuliner khas Surabaya yang berupa lontong yang penyajiannya lengkap dengan kupang atau kerang kecil yang berwarna putih. Kupang diolah sebagai sup dengan bumbu khas yang menggoyangkan lidah.

 

4. Sate Klopo

Img: Pergikuliner.com

Kuliner khas Surabaya yang berikutnya ialah sate klopo. Sate klopo adalah sate berbahan dasar daging sapi dengan parutan kelapa yang menjadi taburan di atasnya. Dalam penyajiannya, sate klopo juga lengkap dengan sambal kacang yang memiliki citarasa pedas sekaligus gurih.

 

5. Rawon

Img: tribunnews.com

Walaupun dapat mencicipi rawon di berbagai sudut Indonesia, tetapi mencoba rawon di Surabaya tetap wajib hukumnya. Rawon sendiri merupakan makanan khas Surabaya dengan warna dan rasa yang begitu khas. Populer dengan warna hitam pada kuahnya, rawon memiliki citarasa yang gurih dengan daging yang empuk. Rasa gurih tersebut merupakan hasil dari rempah-rempah yang turut andil dalam pembuatan kuah hitam pada rawon.

 

Nah, itulah 5 kuliner khas Surabaya yang wajib kalian coba. Nah, dari 5 kuliner di atas, mana nih yang paling mencuri perhatian kamu? Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 45 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner