Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kuliner · 9 Jun 2022 16:00 WIB ·

Yuk, Intip 5 Kuliner Sekitar Candi Borobudur!


Img: Kurnia-travel.detik.com Perbesar

Img: Kurnia-travel.detik.com

Candi Borobudur sudah menjadi wisata yang wajib wisatawan kunjungi baik dari dalam maupun luar negeri. Keindahan alam yang dimiliki area sekitar candi menjadikan nilai plus bagi wisata yang pernah masuk ke dalam 7 keajaiban dunia ini. Namun, akan kurang lengkap kunjungan kalian ke Candi Borobudur tanpa mengicipi kuliner yang ada di sekitarnya. Nah, kira-kira apa kuliner sekitar Candi Borobudur apa saja yang wajib kalian cicipi ketika berkunjung ke tempat ini? Check it out!

 

1. Sop senerek iga sapi

Img: Kurnia-travel.detik.com

Kuliner yang ini bukanlah jenis sop biasa. Makanan yang satu ini merupakan kuliner khas Magelang yang identik dengan isian yang melimpah. Isian itu meliputi bayam, wortel, kacang merah, seledri, hingga daun bawang. Tidak hanya itu, sop senerek iga sapi juga lengkap dengan irisan daging sapi, ayam, ataupun jeroan. Keberadaan jeroan itulah yang kemudian membuat kuah kaldu yang ada dalam sop senerek ini terasa lebih nikmat dengan warna yang bening. Sop ini memiliki cita rasa yang khas, yaitu rasa gurih yang terasa begitu khas. Untuk penyajiannya, biasanya sop senerek ini sering dibarengi dengan berbagai menu gorengan, seperti tahu, perkedel daging, bakwan, dan tempe.

 

2. Mangut beong

Img: solopos.com

Kuliner yang ada di sekitar Candi Borobudur yang berikutnya adalah mangut beong. Kuliner yang satu ini memiliki ikan beong sebagai bahan dasarnya. Nama ikan beong pasti terdengar asing bagi sebagian besar dari kita. Hal itu wajar, sebab ikan beong merupakan hewan endemik yang berhabitat di salah satu sungai yang ada di daerah Magelang. Sementara itu, istilah mangut adalah istilah yang merujuk pada salah satu jenis masakan yang mirip seperti gulai, tetapi lebih encer dan pedas. Dengan bumbu-bumbu rempah yang khas, mangut beong menjadi kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Candi Borobudur.

 

3. Sego godog

Img: ksmtour.com

Sego godog adalah kuliner yang wajib kalian coba saat berkunjung ke Candi Borobudur atau daerah Magelang. Kuliner yang satu ini memiliki nasi yang bercampur dengan saus serta kecap sebagai bahan utamanya. Selain itu, sego godog ini juga bisa ditambah dengan topping pendukung yang bisa kalian kreasikan sesuai selera, lho. Wajib banget dicoba!

 

4. Tahu bacem

Img: id.tastemade.com

Kuliner berikutnya adalah tahu bacem yang akan lebih nikmat jika kalian santap bersama nasi hangat. Kebayang ‘kan akan senikmat apa?

 

5. Tempe mendoan jumbo

Img: Uje Hartono – detik.com

Di sekitar Candi Borobudur kalian bisa menjumpai tempe mendoan edisi jumbo atau dengan ukuran yang berkali-kali lipat lebih besar daripada ukuran tempe mendoan pada umumnya. 

 

Nah, itulah 5 kuliner sekitar Candi Borobudur yang wajib banget kalian cicipi. Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 31 kali

Baca Lainnya

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Makanan dan Minuman Ini Cocok Bagi Yang Sedang Flu

28 Agustus 2023 - 09:31 WIB

Makanan dan Minuma pereda flu

3 Makanan Olahan Tahu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

26 Agustus 2023 - 09:23 WIB

3 makanan olahan tahu

Fakta Unik dan Asal Mula Bubur Sumsum yang Harus di pahami.

23 Agustus 2023 - 14:22 WIB

Fakta unik bubur sumsum
Trending di Kuliner