Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Teknologi · 17 Feb 2023 10:00 WIB ·

Langkah-Langkah Mulai Belajar Coding


Pinterest : @fuenteempresarial Perbesar

Pinterest : @fuenteempresarial

Langkah–Langkah Mulai Belajar Coding – Profesi menjadi seorang Programmer cukup banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Untuk menjadi seorang Programer tentu saja tidak terlepas dari yang Namanya Coding. Apakah kamu juga ingin tertarik untuk menjadi seorang Programmer dan mulai belajar coding ?

Selain itu juga ada banyak orang-orang yang ingin mulai belajar coding tetapi masih ragu dan kesuliatan untuk memulainya. Maka dari itu Tim Media Edukasi akan memberikan kamu bagaimana Langkah-Langkah Mulai belajar Coding, simak pembahasan berikut  :

  1. Tentukan Tujuan Belajar

Sebelum untuk mulai benar-benar belajar Coding kamu harus menentukan tujuan kamu belajar coding untuk apa. Misalkan tujuanmu untuk membuat website, software, aplikasi atau apapun itu yang kamu inginkan. Tujuan awal ini sepele namun sangat penting, karena ini akan menjadi pondasi awal dan tujuan akhir kamu untuk mulai belajar dan masuk ke dunia Coding. Jika kamu tidak menentukan dengan jelas tujuanmu dari awal, bisa jadi ketika sudah pertengahan jalan kamu mulai bingung untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya dan stuck tanpa progress.

  1. Pilih Bahasa Pemrograman

Langkah selanjutnya ini setelah kamu menentukan tujuan awalmu maka kamu harus memilih Bahasa pemrograman yang ingin Kamu pelajari. Misalkan kamu ingin membuat suatu aplikasi dan kamu ingin menfokuskan belajarmu menggunakan Bahasa pemrograman Python. Maka kamu perlu untuk benar benar mendalami dan mulai belajar Bahasa pemrograman Python dari tingkat dasar. Tujuan dari kamu menentukan Bahasa pemrograman dan mendalaminya adalah supaya kamu fokus pada satu tujuan dan bisa mendalami dengan betul apa yang sedang kamu pelajari.

  1. Pahami Struktur Data dan Algoritma

Ketika kita melakukan coding tentu saja kita tidak hanya asal mengetik script code mengikuti alur dari tutorial yang sering kita baca dan tonton untuk pembelajaran. Akan tetapi ketika kita melakukan coding maka kita juga membutuhkan kemampuan pemecahan masalah. Jadi kita harus paham bagaimana permasalahan yang ada, pemecahannya bagaimana, dan alur yang dibutuhkan seperti apa. Karena seperti yang kita tahu bahwa komputer bekerja sesuai dengan apa yang kita perintahkan dan tuliskan dalam script code. Jadi kita harus membuat algoritma sebaik mungkin agar bisa terbaca dengan baik oleh komputer.

  1. Konsisten dan Jangan Mudah Menyerah

Dalam melakukan proses pembelajaran tentunya tidak jarang ketika kita mencapai titik jenuh. Apalagi ketika belajar coding lalu kita berjumpa dengan error yang tak kunjung juga dapat penyelesainnya. Point ini simple namun juga cukup penting. Yaitu konsisten dan jangan menyerah. Betul, kesulitan apapun dalam proses belajar pasti ada, maka bagaimana caranya kita mengatasi kesulitan tersebut menjadi cara kita untuk meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Dan harus konsisten. Jika kita tidak konsisten untuk belajar, maka hasilnya pun tidak akan begitu memuaskan. Apalagi kemampuan seperti coding perlu diasah secara terus menerus agar mendapatkan progress yang signifikan.

  1. Buat Portofolio

Cara terbaik untuk belajar coding adalah dengan Praktek langsung. Cobalah untuk membuat sesuatu sesuai bidang yang sedang kamu pelajari mulai dari yang paling dasar. Misalkan kamu sedang beajar HTML dan CSS untuk website, maka cobalah mulai dengan membuat website profil yang simple. Selain itu cara belajar yang based on project lebih disarankan. Jangan sampai kamu terjebak “Tutorial Hell” yang artinya kamu hanya berfokus pada tutorial, dan membuat sesuatu berdasarkan tutorial yang ada, akan tetapi ketika kamu membuat sesuatu tanpa tutorial maka kamu akan kebingungan dan tidak tau harus bagaimana. Belajar dari video atau bacaa tutorial boleh boleh saja, tapi jangan lupa juga untuk mengembangkan versi kamu sendiri. Selain itu hasil project yang kamu miliki bisa kamu masukkan ke Portofolio CV yang kamu punya.

 

Setelah mengetahui langkah-langkah tadi apakah kamu tertarik untuk mulai belajar coding ?. atau jika sebelumnya kamu masih kebingungan semoga artikel ini bisa membantu kamu mendapatkan jawabannya dan bisa untuk mulai belajar Coding dari sekarang. Semangat!.

 

Salam,

Tim Media Edukasi

Komentar
Artikel ini telah dibaca 158 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tips Menggunakan Whatsapp Web di Handphone Android

23 April 2024 - 21:42 WIB

Tips Menggunakan Whatsapp Web

Tips Mengosongkan Memori IPhone Tanpa Hapus Gallery

21 April 2024 - 21:21 WIB

Tips Menggunakan Google Maps Dengan Benar, Anti Nyasar!

20 April 2024 - 22:06 WIB

Tips Memilih Smartphone dengan Kamera Bagus Harga Terjangkau

19 April 2024 - 21:12 WIB

Tips Menghilangkan Iklan Pada HP Infinix, Mudah Sekali!

19 April 2024 - 19:59 WIB

Tips Mendapatkan IPK Tinggi Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:59 WIB

Fakta Unik Seputar Universitas
Trending di Tips dan Trik