Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Edukasi · 24 Mei 2022 12:00 WIB ·

Fatal! Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Chat Dosen


Img: pixabay.com Perbesar

Img: pixabay.com

Pernah nggak sih pada suatu momen kamu mau tidak mau harus mengirim pesan teks kepada dosen melalui aplikasi kirim pesan seperti WhatsApp? Untuk menghindari suatu kesalahan yang bisa kamu lakukan, wajib hukumnya untuk memahami 5 larangan saat chat dosen.

 

1. Tidak memperkenalkan diri terlebih dahulu

Hal pertama yang wajib kamu lakukan setelah mengetik salam adalah memperkenalkan diri perkenalan diri itu bisa terdiri dari nama, NIM, asal kelas, dan jurusan kamu. gunakan typing yang jelas dan rapi, ya!

 

2. Mengirim pesan di jam dan hari yang tidak tepat

Hal berikutnya yang wajib kamu perhatikan sebelum mengirim pesan kepada dosen adalah melihat jam dan hari. Usahakan kirim pesan pada pukul 07.00 atau 08.00 sampai pukul 18.00 di hari kerja. Walaupun angka-angka tersebut tidak berlaku sama untuk semua jenis dosen, tetapi yang perlu kamu perhatikan adalah kamu tidak boleh mengirim pesan pada waktu yang terlalu pagi ataupun terlalu malam. Hindari mengirim pesan pada dosen di hari-hari seperti hari libur nasional atau tanggal merah dan di akhir pekan.

 

3. Menggunakan kata ganti aku dan kamu

Nah, kesalahan ini adalah kesalahan yang paling umum dilakukan oleh mahasiswa. Selain tidak sopan, kata ganti tersebut juga tidak sewajarnya dikirimkan kepada dosen. Sebagai mahasiswa dan dosen, kata ganti yang bisa kita gunakan adalah kata ganti saya dan Bapak/Ibu. Dengan penggunaan kata ganti yang tepat dosen pun akan merasa nyaman saat membaca pesan atau chat kita.

 

4. Menggunakan bahasa yang tidak sopan

Walaupun kamu mengirim pesan dengan bahasa Indonesia bukan berarti tidak ada sebuah kesopanan yang harus kamu berlakukan. Kesopanan dalam bahasa Indonesia itu tetap ada. Gunakanlah kosakata atau diksi yang baik dalam mengirim pesan dengan dosen. 

 

5. Melakukan pesan spam

Apabila pesan kamu tidak dibaca oleh dosen atau dosen tersebut slow respons, kamu tidak perlu melakukan spam atau mengirim beberapa pesan yang banyak hanya agar pesan kamu cepat dibalas. Bukannya cepat mendapat balasan, tetapi dosenmu hanya akan merasa tidak nyaman dengan itu. Kita harus menghargai kesibukan beliau yang mungkin juga sedang memiliki kesibukan lain. Nah, apabila dalam jangka waktu yang cukup panjang pesan belum dibaca, kamu cukup mengirim pesan untuk menindaklanjuti pesan itu.

 

Nah, itulah 5 larangan saat chat dengan dosen. Kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 234 kali

Baca Lainnya

Enterprise Resource Planning: Kenali Komponen dan Manfaatnya

20 April 2024 - 21:39 WIB

Enterprise Resource Palnning

Pengertian Akronim dan Perbedaannya dengan Singkatan

16 April 2024 - 19:19 WIB

Pengertian Akronim

Mengenal Turnover dan Cara Mengatasinya.

14 April 2024 - 20:33 WIB

Mengenal Turnover

Perbedaan Marketing dan Sales: Pahami Peran dan Kontribusinya

13 April 2024 - 20:19 WIB

Perbedaan Marketing

Aktivitas yang Di Lakukan saat Hari Lebaran 2024

12 April 2024 - 19:46 WIB

Aktivitas Yang Di Lakukan

Crowdfunding: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

6 April 2024 - 23:33 WIB

Trending di Edukasi