Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Fun Facts · 8 Agu 2022 09:00 WIB ·

Makanan Khas Magelang, Ini Dia Filosofi Gethuk


Gethuk Perbesar

Gethuk

Siapa sih yang tidak mengenal gethuk? Yap, gethuk merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer. Namun, seperti apa sih sejarah dan filosofi gethuk ini sendiri?

Indonesia memang sangat terkenal dengan ragam kuliner di setiap daerahnya. Salah satunya yaitu makanan khas yang satu ini, gethuk.

Gethuk merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong kukus yang ditumbuk halus bersama gula merah. Tak heran tekstur dari makanan ini sangat lembut, sehingga banyak digemari!

Nah, tapi tahukah kamu seperti apa sih filosofi gethuk ini? Daripada penasaran, yuk buruan simak artikel ini sampai selesai!

Asal Mula Gethuk

Makanan populer ini berasal dari Magelang, tak heran sampai saat ini Magelang pun mendapat julukan sebagai Kota Gethuk.

Sejarahnya sendiri berawal pada zaman penjajahan Jepang. Beberapa pendapat mengatakan jika kala itu bahan pangan pokok, yaitu beras, sangat langka, sehingga penduduk pun memanfaatkan singkong sebagai bahan makanan utama pengganti beras.

Singkong sendiri merupakan bahan makanan yang sangat mudah kamu temukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, lho!

Hingga pada suatu hari, seorang penduduk Magelang, tepatnya di desa Karet, bernama Ali Mohtar mencoba berinovasi membuat makanan lezat berbahan singkong, yaitu dengan membuat singkong kukus kemudian menghaluskannya bersama gula merah, dan terciptalah gethuk lindri.

Pada saat itu, proses penghalusan singkong masih dengan cara manual yakni menumbuknya dengan lesung. Namun, pada tahun 1985, Mbah Ali berhasil membuat mesin penghalus singkong yang mampu menghasilkan gethuk dalam jumlah banyak dalam waktu yang lebih cepat.

Setelah Mbah Ali meninggal, usahanya pun diambil alih oleh anak-anak dan para cucunya.

Berawal dari usaha Mbah Ali itulah, gethuk menjadi makanan yang saat ini sangat populer.

Filosofi Gethuk

Makanan yang berbahan dasar singkong ini memiliki makna kesederhanaan. Artinya, dengan makanan ini, memberikan pembelajaran tentang rasa syukur atas apa yang Tuhan berikan, entah sesederhana apapun itu.

Nah, itu dia filosofi dan sejarah gethuk. Jadi, sekarang, kita bukan hanya sekedar menikmatinya, tetapi jadi tahu, deh, sejarah dan filosofinya!

Jangan lupa kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta menarik lainnya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 610 kali

Baca Lainnya

Fakta Unik Seputar Universitas Terbuka

17 April 2024 - 12:04 WIB

Mengenal Kampus UT

Fakta Unik Seputar Jurusan Multimedia Yang Perlu Dipahami

27 Februari 2024 - 19:52 WIB

Makanan Yang Laris Saat Bulan Puasa, Bisa Jadi Ide Bisnis!

22 Februari 2024 - 22:28 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang Yang Layak Anda Coba

16 Februari 2024 - 21:16 WIB

Rekomendasi Makanan Khas Semarang

Makanan Ini Menjadi Incaran Anak Kuliahan, Sudah Coba?

12 Oktober 2023 - 21:15 WIB

Makanan Incaran Mahasiswa

Fakta Pajak Penghasilan Yang Harus Di Ketahui

4 September 2023 - 08:54 WIB

Fakta Pajak Penghasilan
Trending di Fun Facts