Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 20 Jul 2022 15:53 WIB ·

Menurut Penelitian, 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Mood


Img: pexels/julia-avamotive Perbesar

Img: pexels/julia-avamotive

Mengkonsumsi makanan tertentu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mood seseorang. Alasan untuk ini adalah bahwa makanan tertentu dianggap dapat meningkatkan mood seseorang. Saat mood seseorang sedang buruk, biasanya mengganggu berbagai aktivitas yang harus diselesaikan. Baru-baru ini, penelitian tentang hubungan antara makanan bergizi dan kesehatan mental telah muncul.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan suasana hati yang buruk. Stres, kurang tidur, gizi buruk, dan hubungan lingkungan adalah di antaranya. Menurut Real Simple, ada beragam makanan yang bisa membantu meningkatkan mood. Penasaran? Pertimbangkan makanan berikut untuk meningkatkan mood:

Ikan berlemak

Ikan seperti salmon dan tuna kaya akan dua jenis asam lemak omega-3, DHA dan EPA, yang telah dikaitkan dengan tingkat depresi yang lebih rendah. Dalam beberapa penelitian, mengkonsumsi omega-3 dalam bentuk minyak ikan mengurangi tingkat depresi, menurut sebuah uji klinis.

Meskipun tidak ada dosis stkamur, sebagian besar ahli percaya bahwa kebanyakan orang dewasa harus mengonsumsi 250-500 mg kombinasi DHA/EPA setiap hari.

Cokelat Hitam

Cokelat mengandung gula yang dapat meningkatkan mood seseorang. Selain itu, dapat melepaskan sejumlah senyawa yang membuat orang merasa lebih baik, seperti kafein, theobromine, dan N-acylethanolamine.

Namun, beberapa ahli mempertanyakan apakah cokelat mengandung cukup senyawa ini untuk menimbulkan respons psikologis. Selain itu, dark chocolate yang kaya akan flavonoid terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Oat

Oat adalah biji-bijian yang dapat membantu kamu merasa lebih baik sepanjang hari. Makanan ini banyak mengandung serat.

Satu studi menemukan bahwa orang yang makan 1,5-6 gram serat untuk sarapan memiliki suasana hati dan tingkat energi yang lebih baik. Kondisi ini berkaitan dengan kadar gula yang lebih stabil, memungkinkan mereka untuk lebih mengontrol suasana hati mereka.

Makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti kimchi, yogurt, kefir, dan kombucha dianggap meningkatkan kesehatan dan suasana hati.

Probiotik terbentuk selama proses ini dan berguna untuk mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus dan meningkatkan kadar serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang mempengaruhi banyak aspek perilaku manusia, termasuk suasana hati, reaksi, nafsu makan, stres, dan dorongan seksual.

Buah pisang

Pisang kaya akan vitamin B6, yang membantu produksi neurotransmiter yang membuat orang merasa lebih baik. Pisang juga mengandung serat, yang meningkatkan kadar gula darah lebih stabil dan suasana hati yang lebih baik.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack