Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 24 Agu 2022 18:00 WIB ·

Ketahui Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Ginjal


Img: pexels-mark-stebnicki Perbesar

Img: pexels-mark-stebnicki

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh. Ketika fungsinya terganggu, kelebihan cairan dari darah dan sisa metabolisme tubuh dapat menumpuk dan menyebabkan berbagai penyakit. Alhasil, kesehatan ginjal harus selalu dijaga, dan salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang ramah ginjal.

Makan makanan sehat adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal kamu. Garam, kalium, fosfor, dan kolesterol yang berlebihan dalam makanan dapat membuat organ tersebut bekerja lebih keras. Ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan organ tubuh kamu. Berikut beberapa makanan yang baik untuk ginjal:

Apel

Apel rendah potasium sehingga baik untuk ginjal. Buah ini juga memiliki serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Disarankan agar kamu makan apel dengan kulit bersih untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal.

Bawang

Untuk mengurangi jumlah garam dalam makanan kamu, gantilah bawang dengan bumbunya. Bawang dapat menjaga makanan tetap lezat sekaligus menjaganya tetap sehat.

Bawang putih dan bawang bombay sama-sama rendah potasium dan fosfor dan dapat digunakan sebagai bumbu. kamu bisa memasaknya dengan menggorengnya dengan makanan yang ingin kamu siapkan.

Ikan

Konsumsi ikan, terutama ikan yang kaya omega-3, juga bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Jenis asam lemak sehat ini diketahui penting untuk pemeliharaan berbagai fungsi organ, termasuk ginjal. Salmon, mackerel, sarden, kakap, dan tuna adalah contoh ikan yang kaya omega-3.

Kol

Jenis sayuran ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama dalam memerangi efek negatif radikal bebas.

Sayuran lain yang rendah potasium dan tinggi antioksidan, selain kubis, antara lain kembang kol, paprika, dan lobak.

Putih telur

Putih telur tinggi protein dan rendah fosfor, sehingga memberi dampak baik bagi tubuh. Namun, hindari makan kuning telur karena mengandung fosfor yang tinggi.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bermanfaat bagi tubuh karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Kamu dapat memasukkan kacang-kacangan seperti kenari, pistachio, almond, kacang mete, kacang tanah, dan hazelnut dalam diet kamu.

Kale

Kale adalah makanan lain yang bermanfaat bagi ginjal. Mineral, antioksidan, dan serat ditemukan dalam sayuran ini. Kale juga mengandung vitamin A, C, dan K yang semuanya bermanfaat organ tubuh. Kale dapat kamu tambahkan ke salad, kamu goreng dengan bumbu, atau kamu campur menjadi smoothie.

Biji-bijian

Kamu juga bisa makan biji-bijian seperti biji chia, biji rami, biji labu, dan quinoa untuk menjaga kesehatan ginjal. Biji ini mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi organ tubuh.

Selain mengonsumsi makanan ramah ginjal, kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, membatasi minuman berkafein dan minuman beralkohol, menghindari makanan penyebab penyakit pada organ tersebut, serta menurunkan asupan gula dan garam.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan