Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 5 Agu 2022 18:00 WIB ·

4 Makanan yang Berisiko Bagi Kesehatan Usus


Img: pexels-sora-shimazaki Perbesar

Img: pexels-sora-shimazaki

Usus manusia merupakan salah satu organ dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi. Usus adalah rumah bagi triliunan mikroflora yang bermanfaat bagi kesehatan, selain berbagai hormon dan enzim yang membantu pencernaan.

Diet memiliki dampak yang signifikan terhadap ekosistem mikrobiota ini. Jika rasio mikrobiota berubah, berbagai risiko kesehatan seperti obesitas dan penyakit kronis akan muncul di masa depan. Lantas, makanan apa saja yang berpotensi mengganggu ekosistem mikrobiota usus? Yuk, Simak detailnya berikut ini!

Makanan dan minuman tinggi gula

Selain makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, makanan dan minuman tinggi gula juga berisiko berdampak negatif bagi kesehatan usus. Jenis makanan ini dikaitkan dengan peradangan, yang dapat mengiritasi dinding usus dan mengganggu komposisi mikrobiota.

Gula, pada kenyataannya, dapat memberikan energi bagi bakteri untuk bereplikasi. Sebaliknya, konsumsi gula yang berlebihan berisiko menyebabkan pertumbuhan bakteri baik yang tidak normal, sehingga mengganggu keseimbangan.

Susu dan olahannya

Susu dan produk susu memang memiliki risiko efek buruk pada kesehatan usus, tetapi hanya dalam kondisi tertentu. Ini sangat berbahaya bagi orang yang tidak toleran laktosa. Sebab, mereka tidak memiliki enzim laktase yang dapat mencerna laktosa.

Laktosa adalah jenis karbohidrat yang terdapat dalam susu hewan. Jika kamu mengonsumsi susu dan produk olahannya, penderita intoleransi laktosa akan mengalami beberapa gejala. Dilansir Hopkins Medicine, gejalanya antara lain muntah, diare, kembung, dan kram perut.

Makanan yang digoreng

Makanan gorengan populer di kalangan masyarakat umum karena rasanya yang enak. Sayangnya, ada biaya untuk kesenangan yang tak tertandingi ini. Makanan yang kita goreng mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang sulit tercerna oleh tubuh.

Selanjutnya, konsumsi makanan yang kita goreng berkaitan dengan keragaman mikrobiota yang lebih rendah. Selanjutnya, ini meningkatkan produksi endotoksin, yang dapat menyebabkan peradangan di usus dan seluruh tubuh.

Daging merah

Konsumsi daging merah, meski enak dan menggoda, harus dibatasi. Beberapa penelitian menemukan bahwa daging merah dapat menyebabkan peradangan atau memicu peradangan. Peradangan di usus besar meningkatkan risiko terkena kanker jika terjadi secara kronis atau dalam jangka waktu yang lama.

Menurut situs Livestrong, hal ini karena daging merah mengandung zat besi jenis heme (hemoglobin hewan), yang pecah di usus untuk membentuk senyawa N-nitroso. Sayangnya, senyawa ini dapat menyebabkan kerusakan usus dan peradangan.

 

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Rekomendasi Sayuran Kaya Vitamin C Layak Di Konsumsi

11 Juni 2024 - 21:05 WIB

Rekomendasi Sayuran

Tips Kesehatan untuk Pekerja Shift Malam

9 Juni 2024 - 22:54 WIB

Jenis Makanan Yang Dihindari Pengidap Ambeien

7 Juni 2024 - 19:49 WIB

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

24 Mei 2024 - 22:13 WIB

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan
Trending di Kesehatan