Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 14 Nov 2022 18:00 WIB ·

Mampu Kontrol Gula Darah, Ini Ragam Manfaat Gula Aren


Img: Freepik/Jcomp Perbesar

Img: Freepik/Jcomp

Mampu kontrol gula darah, ini ragam manfaat gula aren– Gula aren kini menjadi jenis gula yang populer karena sering orang gunakan sebagai pemanis kopi. Meski ada anjuran untuk membatasi asupan gula harian, tahukah kamu bahwa gula aren memiliki manfaat kesehatan?

Gula aren merupakan pemanis yang terbuat dari nira pohon aren. Karena proses produksi dengan proses minimal dan tanpa tambahan bahan kimia, gula jenis ini terkenal sebagai alternatif yang lebih sehat daripada pemanis lainnya.

Gula aren mengandung lebih banyak vitamin dan mineral daripada pemanis lainnya. Selain itu, gula ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada pemanis lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gula aren adalah pemanis alternatif yang baik untuk penderita diabetes, meskipun perlu penelitian lebih lanjut.

Mampu kontrol gula darah, ini ragam manfaat gula aren

Mengontrol kadar gula darah

Gula aren memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan lebih sedikit glukosa daripada gula meja atau madu. Alhasil, gula ini bisa membantu menstabilkan kadar gula darah lebih efektif daripada pemanis lainnya. Alhasil, mengonsumsi gula aren tidak akan menyebabkan tingkat energi meroket dan cepat terkuras.

Kaya akan antioksidan

Menurut penelitian, gula aren mengandung lebih banyak vitamin, mineral, dan nutrisi lebih dari gula lainnya. Di antara nutrisi tersebut adalah fitonutrien. Senyawa tanaman ini memiliki sifat antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Bantu kembalikan energi tubuh

Gula aren mengandung senyawa karbohidrat yang dapat dicerna tubuh lebih cepat dari gula putih. Itulah mengapa menambahkan beberapa sendok teh gula aren ke minuman kamu untuk mempermanisnya dapat memberi kamu dorongan energi yang sangat dibutuhkan di pagi hari.

Menjaga sistem syaraf

Gula aren mengandung lebih banyak potasium daripada sayuran hijau dan pisang. Kalium perlu untuk aktivitas sistem saraf yang tepat, seperti kontraksi otot dan detak jantung teratur. Mengonsumsi makanan kaya kalium juga dapat membantu pengelolaan tekanan darah tinggi.

Membantu meningkatkan kualitas tulang

Manfaat gula aren untuk kesehatan antara lain kandungan mineralnya yang tinggi, seperti kalsium dan fosfor, yang dapat membantu perkembangan tulang dan jaringan pada anak. Selanjutnya, kandungan kalium dari pemanis ini penting untuk kesehatan dan pemeliharaan jaringan tulang dan otot.

Itulah beberapa manfaat gula aren untuk kesehatan. Namun perlu diingat untuk mengkonsumsi dalam batas wajar. Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko kamu terkena berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, obesitas, kerusakan gigi, dan lainnya.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Tips Menjaga Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

30 November 2023 - 19:45 WIB

Manfaat Buah Anggur

Screening kesehatan Adalah Upaya Pencegahan Penuh Manfaat

22 November 2023 - 12:10 WIB

Tips Lolos Beasiswa LPDP
Trending di Kesehatan