Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Kesehatan · 4 Mar 2024 18:22 WIB ·

Manfaat Air Cuci Beras Yang Jarang Di Ketahui


Ilustrasi Air Beras (img: chanelmuslim.com) Perbesar

Ilustrasi Air Beras (img: chanelmuslim.com)

Air beras mungkin terdengar seperti bahan yang tidak biasa untuk di konsumsi, tetapi dalam beberapa budaya, terutama di Asia, air sisa setelah mencuci beras di gunakan untuk berbagai tujuan, termasuk untuk kesehatan. Meskipun belum banyak di kenal di kalangan masyarakat umum, air beras memiliki sejumlah manfaat yang mengejutkan untuk kesehatan. Mari kita telusuri manfaat air cuci beras tersebut.

Manfaat Air Cuci Beras Untuk Menyehatkan Kulit

Manfaat Air Cuci Beras

Ilustrasi Air Beras (img: chanelmuslim.com)

Air beras mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menyehatkan kulit. Kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Mandi menggunakan air beras atau menggunakannya sebagai toner wajah dapat membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit.

Manfaat Air Cuci Beras Untuk Mengurangi Jerawat

Manfaat Air Cuci Beras

Ilustrasi Mencuci Beras (img: pixabay.com)

Kandungan antiinflamasi dalam air beras dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan jerawat. Mandi menggunakan air beras atau mengaplikasikannya secara topikal pada area yang terkena jerawat dapat membantu mengeringkan dan menyembuhkan jerawat dengan lebih cepat.

Manfaat Air Cuci Beras Untuk Menyembuhkan Luka

Ilustrasi Membersihkan Luka (img: unsplash.com)

Air beras memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu dalam proses penyembuhan luka. Mandi menggunakan air beras atau mengompres luka dengan air beras dapat membantu membersihkan luka dan mencegah infeksi.

Membantu Pencernaan

Ilustrasi Pencernaan (img: pixabay.com)

Air beras mengandung serat larut yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Minum air beras secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan kenyamanan gastrointestinal.

Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi Kolestrol (img: alodokter)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air beras mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Minum air beras secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Menyehatkan Rambut

Ilustrasi Menyisir Rambut (img: pexels.com by pixabay)

Kandungan nutrisi dalam air beras, seperti vitamin B dan vitamin E, dapat membantu menyehatkan rambut. Mandi menggunakan air beras atau menggunakannya sebagai bilasan terakhir setelah keramas dapat membantu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan.

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Ilustrasi Rasa Stress (img: halodoc)

Air beras mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Mandi menggunakan air beras atau menghirup aromanya dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran, sehingga mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Tips Atasi Stress

Ilustrasi Tidur (Img: pexels.com by miriam alonso)

Beberapa orang percaya bahwa mandi menggunakan air beras sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Sifat relaksasi air beras dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang, sehingga mempersiapkan tubuh untuk tidur yang nyenyak.

Menjaga Kesehatan Jantung

 

Selanjutnya, Kandungan nutrisi dalam air beras, seperti asam amino dan vitamin B, dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, meminum air beras secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga fungsi jantung yang optimal.

Menyehatkan Mata

Manfaat Air Cuci Beras

Ilustrasi Kesehatan Mata (img: alodokter)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi menggunakan air beras atau mengompres mata dengan air beras dapat membantu meredakan mata yang lelah dan iritasi. Sifat relaksasi air beras dapat membantu meredakan ketegangan pada otot-otot di sekitar mata.

 

Meskipun masih belum banyak yang mengetahui tentang manfaat air beras untuk kesehatan, namun bukti ilmiah dan pengalaman budaya telah menunjukkan bahwa air beras memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Dengan memanfaatkan air beras secara bijak, kita dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang berharga dari bahan sederhana ini.

Komentar
Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Tubuh Ada 6, Ini Dia!

23 Maret 2024 - 22:15 WIB

Mengenal Turnover

7 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Ini Dia!

7 Maret 2024 - 15:50 WIB

Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna: Berikut Pengertian dan Manfaatnya

18 Februari 2024 - 20:43 WIB

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

11 Februari 2024 - 21:30 WIB

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Baca!

1 Februari 2024 - 21:09 WIB

Manfaat Mentimun

Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

9 Januari 2024 - 21:47 WIB

Manfaat Jus Seledri
Trending di Kesehatan