Menu

Mode Gelap
Elon Musk Beli Twitter: Pembaruan Twitter Siap Datang Seberapa Penting Kesehatan Untuk Kehidupan Perempuan Adalah Akar Peradaban Dunia Arti Orang Terdekat Dalam Kesuksesanmu

Life Hack · 4 Nov 2022 12:00 WIB ·

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Bantu Atasi Jerawat


Img: Pexels/Isabella-Mendes Perbesar

Img: Pexels/Isabella-Mendes

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan, Bantu Atasi Jerawat  –Bawang putih merupakan rempah-rempah yang dapat meningkatkan cita rasa makanan. Bawang putih juga dapat meningkatkan aroma makanan sehingga lebih harum. Bawang putih juga bisa kita makan mentah atau langsung.

Bahan ini dianggap sebagai obat kuno. Karena memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Ini karena adanya allicin dalam bawang putih.

Bawang putih, secara ilmiah terkenal sebagai Allium sativum, adalah umbi-umbian. Bawang putih ini masih merupakan anggota famili tumbuhan Amaryllidaceae dan berkerabat dengan daun bawang dan bawang bombay.

 

Iga putih adalah umbi cengkeh yang berasal dari Asia Tengah tetapi sekarang tumbuh di Italia dan Prancis selatan. Sebanyak 1-10 siung biasanya terdapat dalam satu potong bawang putih. Setiap cengkeh beratnya kurang lebih 6-8 gram.

 

Kandungan dalam 100 gram bawang putih (hellosehat)

 

  • 4 kalori,
  • 1 gram karbohidrat,
  • 0,2 gram protein,
  • 0,1 gram serat,
  • 0,1 miligram mangan,
  • 0,9 miligram vitamin C,
  • 5,4 miligram kalsium,
  • 0,4 mikrogram selenium, dan
  • sederet antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino

 

Manfaat bawang putih bagi kesehatan

Melancarkan sistem pencernaan

Allicin, ditemukan dalam bawang putih, bermanfaat untuk sistem pencernaan. Kandungan ini dapat membantu dalam pencegahan infeksi saluran pencernaan. Bahkan dapat mengobati infeksi virus, toksin, dan cacing.

Mengontrol tekanan darah

Bawang putih dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Oleh karena itu, bawang putih terkenal berkontribusi terhadap hipertensi. Bawang putih juga dapat membantu mengontrol kolesterol, yang dapat membantu mencegah asam urat.

Mengurangi penuaan dini

Orang yang berusia di atas 20 tahun lebih cenderung mengalami penuaan dini. Munculnya garis-garis halus pada kulit, munculnya flek hitam, dan munculnya kantung mata merupakan tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari penuaan dini.

Mengurangi rambut rontok

Bawang putih tidak hanya baik untuk kulit kamu. Bawang putih juga dapat membantu menjaga kecantikan rambut dengan mencegah rambut rontok dan menghilangkan ketombe.

Mengurangi jerawat

Bawang putih dianggap membantu menjaga kulit tampak muda. Bawang putih mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu mengeringkan jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Bahkan dapat membantu mengurangi peradangan jerawat.

Menjaga kesehatan jantung

Bawang putih telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit sejak zaman dahulu. Bawang putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung kamu. Karena bawang putih dapat membantu meningkatkan aliran darah dan memecah kolesterol yang menyebabkan pembekuan darah.

Yuk, kunjungi laman Instagram dan Facebook Media Edukasi Indonesia untuk mendapatkan informasi dan fakta-fakta unik lainnya ya!

Komentar
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Fakta Menarik Gunung Marapi, Tempat Favorit Mendaki Gunung

7 Desember 2023 - 20:43 WIB

Fakta Menarik Gunung Marapi

Life Hack Sosial Media Yang Bermanfaat Bagi Mahasiswa

10 November 2023 - 21:14 WIB

Life Hack Sosial Media

Introvert dan Ekstrovert, Kenali Perbedaannya.

15 September 2023 - 11:08 WIB

Introvert dan Ekstrovert

4 Game Typing Seru Untuk Menguji Kecepatan Mengetik

18 Juli 2023 - 12:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

3 Juli 2023 - 18:00 WIB

4 Mata Uang Terendah di Dunia

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri

9 Juni 2023 - 12:00 WIB

Tanda-Tanda Kamu Kurang Mendukung Diri Sendiri
Trending di Life Hack